%0 Thesis %9 Skripsi %A MUNIF ROFI’ATUR ROHMAH, NIM. 12490058 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2016 %F digilib:23203 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Pengembangan Kurikulum, Program Khusus Keagamaan %T MANAJEMEN PENGEMBANGAN KURIKULUM MADRASAH ALIYAH PROGRAM KHUSUS (MAPK) MAN 1 SURAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23203/ %X Munif Rofi’atur Rohmah, Manajemen Pengembangan Kurikulum Madrasah Aliyah Program Khusus (MAPK) MAN 1 Surakarta. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016. Penelitian ini dilatar belakangi oleh ketertarikan peneliti terhadap manajemen pengembangan kurikulum Madrasah Aliyah Program Khusus (MAPK) MAN 1 Surakarta yang masih mempertahankan model dan pola pendidikan MAPK dengan kurikulum nasional dan pengembangan melalui program tutorial serta kegiatan pondok pesantren (asrama), sehingga MAPK MAN 1 surakarta masih tetap eksis sampai sekarang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui eksistensi Madrasah Aliyah Program Khusus (MAPK) MAN 1 Surakarta dan untuk mengetahui pelaksanaan manajemen pengembangan kurikulum di MAPK MAN 1 Surakarta meliputi diagnosis kebutuhan, pengembangan tujuan pendidikan, pengembangan isi kurikulum, pengembangan pengalaman belajar, serta evaluasi kurikulum Madrasah Aliyah Program Khusus (MAPK) MAN 1 Surakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi nonpartisipant, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Pemeriksaan keabasahan data dengan cara triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian: 1) alasan MAPK MAN 1 Surakarta masih tetap bertahan dan eksis sampai sekarang: a) adanya dukungan yang kuat dari berbagai pihak, antara lain pimpinan madrasah, para pengelola MAPK dan asrama serta dukungan para alumni, b) kurikulum yang dikembangkan dinilai telah berhasil menghadirkan pendidikan Islam yang berkualitas, c) istilah nama MAPK masih digunakan sebagai marketing, d) adanya keinginan untuk eksis, e) dibukanya kelas internasional, f) masih dibutuhkannya lulusan yang menguasai ilmu keagamaan, g) pembelajaran yang ada di MAPK MAN 1 Surakarta dinilai berhasil menghasil prestasi siswa siswi, h) semangat peserta didik untuk belajar dan keinginan memiliki kemampuan berbahasa arab secara lancar. 2) manajemen pengembangan kurikulum MAPK MAN 1 surakarta meliputi: pengembangan diagnosis kebutuhan, pengembangan tujuan pendidikan, pengembangan kurikulum menggunakan kurikulum 2013 dan pengembangan melalui program tutorial dan kegiatan pondok pesantren, pengembangan pengalaman belajar, dan pengembangan evaluasi kurikulum. %Z Zainal Arifin, S.Pd.I., M.S.I.