eprintid: 23205 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/02/32/05 datestamp: 2016-12-22 04:52:35 lastmod: 2016-12-22 04:52:35 status_changed: 2016-12-22 04:52:35 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: MUSTOFA, NIM. 12490063 title: STRATEGI PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PENDIDIKAN NASIONAL (STUDI PEMIKIRAN H.A.R. TILAAR) ispublished: pub subjects: mkpi divisions: jur_kis2 full_text_status: restricted keywords: Strategi pengembangan SDM, implementasi, pendidikan nasional note: Dra. Hj. Nur Rohmah, M.Ag abstract: Mustofa, Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Implementasinya dalam Pendidikan Nasional (Studi Pemikiran H.A.R. Tilaar). Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016. Latar belakang penelitian ini bermula dari ketertarikan peneliti terhadap tokoh Pendidikan Nasional H.A.R. Tilaar yang terkenal mempunyai banyak karya tulis dalam bentuk buku, artikel, surat kabar, dan sebagainya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengembangan sumber daya manusia menurut H.A.R. Tilaar dan mengetahui implementasinya terhadap pendidikan nasional. Penelitian ini merupakan penelitian studi kepustakaan (library research). Sumber data yang diperoleh dalam penelitian ini dibagi menjadi dua bagian, yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Yang dimaksud dengan sumber data primer adalah sumber informasi yang secara langsung berkaitan dengan tema yang menjadi pokok pembahasan yaitu karya-karya yang ditulis oleh H.A.R. Tilaar. Judul buku yang menjadi data primer misalnya seperti Membenahi Pendidikan Nasional, Kekuasaan dan Pendidikan, Standarisasi Pendidikan, Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Era Globalisasi: Visi, Misi, dan Program Aksi Pendidikan dan Pelatihan Menuju 2020, Pendidikan, Kebudayaan, dan Masyarakat Indonesia, Kaleidoskop Pendidikan Nasional, dan sebagainya. Sedangkan yang dimaksud dengan data sekunder adalah sumber informasinya secara tidak langsung berkaitan dengan persoalan yang menjadi pembahasan dalam penelitian. Data sekunder dalam penelitian ini berupa karya yang berfungsi sebagai sumber penunjang primer, seperti buku, majalah, surat kabar, makalah seminar, artikel, jurnal, internet, dan literatur yang lain. Judul buku yang menjadi data sekunder misalnya seperti Manajemen Sumber Daya Manusia, Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusida, Islam dan Masalah Sumber Daya Manusia, Peningkatan Kompetensi Guru, Sertifikasi Guru Menuju Profesionalisme Pendidik, Kebijakan Pendidikan, dan sebagainya. Hasil penelitian menunjukkan: konsep pengembangan sumber daya manusia menurut H.A.R. Tilaar menggabungkan kedua sumber daya, yaitu sumber daya manusia dan sumber daya alam. Tilaar membangun suatu strategi dalam pengembangan pendidikan nasional yaitu 1) strategi pengembangan untuk memenuhi kebutuhan global dan 2) strategi pengembangan untuk memenuhi kebutuhan domestik. Implementasi strategi pengembangan sumber daya manusia dalam pendidikan nasional terletak pada Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, dimana isi dari UU tersebut mewajibkan seorang guru profesional memiliki kualifikasi akademik S1/D-4, memiliki sertifikat pendidik (sertifikasi guru), memiliki empat kompetensi guru yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian (personal), kompetensi sosial, dan kompetensi profesional. date: 2016-08-30 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: MUSTOFA, NIM. 12490063 (2016) STRATEGI PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PENDIDIKAN NASIONAL (STUDI PEMIKIRAN H.A.R. TILAAR). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23205/2/12490063_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23205/1/12490063_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf