%0 Thesis %9 Skripsi %A MUSLIKHATUN, NIM. 11420130 %B FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN %D 2016 %F digilib:23207 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K konsentrasi hafalan Al-Qur’an, prestasi belajar, Bahasa Arab %P 111 %T PENGARUH KONSENTRASI MENGHAFAL AL-QUR’AN TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB DI MTS DARUL ‘ULUM MUHAMMADIYAH GALUR KULONPROGO YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23207/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat hubungan hafalan Al- Qur’an terhadap prestasi bahasa Arab di MTs Darul ‘Ulum Muhammadiyah Galur Kulonprogo Yogyakarta. Penelitian yang digunakan kuantitatif, dengan subjek siswa kelas VIII C MTs Darul ‘Ulum Muhammadiyah Galur Kulonprogo Yogyakarta. Diambil populasi sebanyak 25 orang. Pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, angket dan observasi. Dari hasil penelitian menunjukkan nilai regresi 0,00 atau nilai probabilitas (0,05) yang menunjukkan variabel X (hafalan Al-Qur’an) berhubungan dengan variabel Y (prestasi belajar bahasa Arab) siswa kelas VIII C MTs Darul ‘Ulum Muhammadiyah Galur Kulonprogo Yogyakarta %Z Nurhadi, M.A,