@phdthesis{digilib23211,
           month = {August},
           title = {IMPLEMENTASI MANAJEMEN PROGRAM AKSELERASI DALAM
PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SMP IRSYADUL ?IBAAD LAMPUNG
TIMUR TAHUN AKADEMIK 2015/2016},
          school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA},
          author = {NIM. 12490108 MUHAMAD RIDWAN},
            year = {2016},
            note = {Dr. Na?imah, M.Hum.},
        keywords = {Implementasi Manajemen Program Akselerasi},
             url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23211/},
        abstract = {MUHAMAD RIDWAN. Implementasi Manajemen Program Akselerasi Dalam
Pembelajaran Bahasa Inggris Di SMP Irsyadul ?Ibaad Lampung Timur Tahun
Akademik 2015/2016. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN
Sunan Kalijaga, 2016. Latar belakang masalah penelitian ini adalah SMP Irsyadul
?Ibaad merupakan salah satu sekolah yang menerapkan program akselerasi khususnya
dalam pembelajaran bahasa Inggris. Di sana siswa diwajibkan untuk berbahasa Inggris
sehingga program akselerasi adalah sebuah solusi untuk siswanya guna dapat
berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Inggris, fenomena yang tampak pada saat
ini siswa di sekolah tersebut jauh lebih cakap berbahasa Inggris dibandingkan sekolah
lain, dari fenomena tersebutlah peneliti akan menggali lebih dalam bagaimana lembaga
tersebut menerapkan program untuk pembelajaran bahasa Inggris sehingga dapat
berjalan dengan efektif dan efisien. Permasalahan dalam penelitian ini adalah
bagaimana implementasi manajemen program akselerasi dalam pembelajaran Bahasa
Inggris Di SMP Irsyadul ?Ibaad Lampung Timur Tahun Akademik 2015/2016.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi manajemen program akselerasi
dalam pembelajaran Bahasa Inggris Di SMP Irsyadul ?Ibaad Lampung Timur Tahun
Akademik 2015/2016.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan mengambil latar
SMP Irsyadul ?Ibaad Lampung Timur. Pengumpulan data dilakukan dengan
menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan
dengan langkah pengumpulan data, menganalisa data dan menginterpretasi data yang
ada dengan metode induktif, yakni melakukan analisa berdasarkan data yang diperoleh
sehingga dapat ditarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) Pelaksanaan program akselerasi pembelajaran
bahasa Inggris di SMP Irsyadul ?Ibaad Lampung timur diaplikasikan dengan cara
memampatkan seluruh materi dan melakukan pendalaman pada bagian tertentu untuk
melayani rasa ingin tahu siswa tanpa mengurangi pokok bahasan, sehingga waktu untuk
menyelesaikan pendidikan bagi anak berbakat ini lebih cepat dibandingkan anak reguler
pada umumnya, yakni dua tahun sebagaimana yang diprogramkan, 2) Pihak SMP
Irsyadul ?Ibaad Lampung timur menyelenggarakan program akselerasi pelajaran bahasa
Inggris karena ada penekanan setelah pelaksanaan proses pembelajaran Bahasa Inggris,
sehingga memberi kesempatan kepada siswa akselerasi untuk mencoba menerapkan
materi keilmuan Bahasa Inggris yang telah diajarkan dalam kehidupan sehari-hari, 3)
Faktor pendukung : sarana prasarana yang memadai dan berupa dorongan atau motivasi
dari orang tua dan guru agar selalu giat dalam belajar. Faktor penghambat : pemetaan
standar kompetensi dasar mata pelajaran bahasa Inggris sudah terpetakan dengan baik
akan tetapi belum disesuaikan dengan fakta kebutuhan, SMP Irsyadul ?Ibaad Lampung
Timur belum memiliki tim khusus sebagai pengembang kurikulum bahasa Inggris, dan
belum mengembangkan pendidikan kecakapan hidup (life skill) dengan potensi
kebahasa Inggrisan secara khusus.}
}