%0 Thesis %9 Skripsi %A ARI NURWIJAYANTI, NIM. 12420010 %B FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU GURUAN %D 2016 %F digilib:23215 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Media Bulletin Board, Prestasi Belajar Bahasa Arab. %P 194 %T EKSPERIMENTASI MEDIA BULLETIN BOARD PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DALAM PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X MAN SABDODADI BANTUL %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23215/ %X Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran bahasa Arab dengan media bulletin board dan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan model desain eksperimen semu (quasi experimental). Pengumpulan data menggunakan metode tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk menguji keakuratan data dilakukan uji validitas penilaian ahli (expert judgment). Prasyarat analisis data menggunakan uji normalitas dan homogenitas. Analisis data yang digunakan dengan menggunakan uji “t”. Hasil penelitian yang didasarkan pada hasil analisis statistik menunjukkan bahwa uji t posttest antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen didapatkan nilai rata-rata kelompok kontrol sebesar 55,65 dan nilai rata-rata kelompok eksperimen sebesar 81,39 yang artinya terdapat perbedaan prestasi belajar antara kelompok eksperimen kelompok kontrol. Sedangkan uji t nilai posttest kelompok eksperimen menghasilkan nilai Sig. (2-tailed) 0,000 yang artinya terdapat peningkatan yang signifikan pada prestasi belajar bahasa Arab siswa kelompok eksperimen. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada prestasi belajar bahasa Arab siswa antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Maka media bulletin board dapat digunakan sebagai solusi alternatif dalam belajar bahasa Arab %Z Dr. H. Abdul Munip, M.Ag