eprintid: 23216 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 111 dir: disk0/00/02/32/16 datestamp: 2016-12-22 06:14:16 lastmod: 2016-12-22 06:14:16 status_changed: 2016-12-22 06:14:16 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: M FARIS ABDUSSALAM, NIM. 12420035 title: PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DEDUKTIF PADA MATA PELAJARAN NAHWU KELAS VII MTs NU TBS (TASYWIQUTH THULLAB SALAFIYYAH) KUDUS TAHUN AJARAN 2016/2017 (PEMBELAJARAN KITAB NAHWU ALFIYYAH) ispublished: pub subjects: B divisions: jur_pba full_text_status: restricted keywords: Model pembelajaran deduktif, Nahwu, Kitab Alfiyyah note: Yuli Kuswandari, M.Pd, abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana penerapan model pembelajaran deduktif pada mata pelajaran nahwu kelas VII MTs NU TBS Kudus tahun ajaran 2016/2017 yang meliputi perencanaan, pengorganisasian dan pelaksanaan serta evaluasi. Penelitian juga bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penggunaan kitab Alfiyyah bagi siswa kelas VII mampu untuk mencapai tujuan pembelajaran nahwu. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data yakni dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Wawancara kepada guru dan siswa terkait pembelajaran nahwu menggunakan kitab Alfiyyah sebagai referensi. Observasi dilakukan untuk mengamati proses pembelajaran secara langsung. Dokumentasi untuk mengumpulkan data tentang gambaran umum tempat penelitian. Prosedur penelitian menghasilkan data deskriptif sehingga analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif untuk menguraikan data yang diperoleh. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara umum penerapan model pembelajaran deduktif pada mata pelajaran nahwu kelas VII MTs NU TBS Kudus tahun ajaran 2016/2017 cukup bagus. Model deduktif yang diterapkan dalam pembelajaran nahwu sudah sesuai dengan teori pembelajaran deduktif yang ada dan hasilnya cukup efektif. Meskipun perencanaan pembelajaran tidak terlulis, namun dalam pengorganisasian dan pelaksanaan pembelajaran berjalan efektif. Hal ini terlihat banyak siswa yang dapat memahami materi yang disampaikan oleh guru. evaluasi yang dilaksanakan yakni berupa tes maupun penugasan juga telah sesuai dengan tujuan pembelajaran yaitu menghendaki kemampuan siswa untuk menerapkan kaidah nahwu yang telah diperoleh dalam bacaan dan tulisan. Selain itu, dari hasil wawancara penggunaan kitab nahwu Alfiyyah sebagai kitab rujukan juga telah sesuai dengan tujuan pembelajaran. Siswa dapat memahami materi dari kitab tersebut dan menerapkannya dengan baik dalam bacaan dan tulisan. Siswa tidak merasakan kesulitan dalam penggunaan kitab Alfiyyah, karena kebanyakan siswa sudah pernah mendapat pelajaran nahwu. date: 2016-11-14 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU GURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: M FARIS ABDUSSALAM, NIM. 12420035 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DEDUKTIF PADA MATA PELAJARAN NAHWU KELAS VII MTs NU TBS (TASYWIQUTH THULLAB SALAFIYYAH) KUDUS TAHUN AJARAN 2016/2017 (PEMBELAJARAN KITAB NAHWU ALFIYYAH). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23216/1/12420035_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23216/2/12420035_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf