<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA DENGAN METODE GUIDED INQUIRY UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMA/MA PADA MATERI GEOMETRI"^^ . "Penelitian ini mempunyai dua tujuan. Tujuan pertama adalah\r\nmenghasilkan bahan ajar matematika materi Geometri dengan metode guided\r\ninquiry yang layak untuk memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep dan\r\npemecahan masalah siswa SMA/MA pada materi Geometri. Tujuan kedua adalah\r\nmengetahui dampak penggunaan bahan ajar matematika ini terhadap kemampuan\r\npemahaman konsep dan pemecahan masalah matematika siswa.\r\nJenis penelitian yang sesuai dengan tujuan penelitian ini adalah design\r\nresearch. Model penelitian yang digunakan adalah Graveimeijer dan Cobb. Model\r\nini terdiri dari tiga tahap yaitu preparing for the experiment, the design\r\nexperiment dan the retrospective analysis. Subjek penelitian yang dipilih adalah\r\nsiswa kelas X SMA Negeri 1 Sewon, Bantul tahun ajaran 2015/2016. Instrumen\r\nyang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar penilaian bahan ajar, lembar\r\nobservasi, lembar kuesioner bahan ajar, lembar tes, dan angket respon siswa.\r\nHasil penelitian ini adalah bahan ajar matematika dengan metode guided\r\ninquiry yang telah melalui beberapa proses. Proses tersebut diawali dari\r\npembuatan desain, pengembangan materi, penilaian validator, uji coba, dan revisi\r\nhingga dihasilkan bahan ajar dengan metode guided inquiry yang memfasilitasi\r\nkemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah. Bahan ajar ini sudah\r\nmemenuhi kriteria kelayakan yakni validitas, efektivitas, dan praktibilitas.\r\nValiditas bahan ajar berdasarkan penilaian validator yang menunjukkan bahwa\r\nbahan ajar memiliki kriteria sangat baik dengan skor 168,5. Efektivitas bahan ajar\r\ndilihat dari dampak proses dan dampak hasil. Dampak proses sudah dapat\r\ndikatakan baik jika dilihat dari proses pembelajaran seperti mengikuti petunjuk\r\nuntuk menyelesaikan serangkaian aktivitas yang disajikan dalam bahan ajar.\r\nDampak hasil dilihat dari hasil post test yang menunjukkan rata-rata 79 untuk\r\npemahaman konsep dan 76,01 untuk pemecahan masalah serta persentase siswa\r\nyang mencapai KKM adalah 68,18%. Praktibilitas dilihat dari angket respon siswa\r\nterhadap bahan ajar matematika. Hasil respon siswa menghasilkan skor 54,76 dari\r\nskor maksimal 76, skor tersebut termasuk kategori respon positif. Berdasarkan\r\nkriteria kelayakan bahan ajar, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar layak\r\ndigunakan dan mampu memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep dan\r\npemecahan masalah. Dampak yang diperoleh dari penggunaan bahan ajar adalah\r\nsiswa lebih aktif dalam pembelajaran, siswa menjadi lebih berani menyampaikan\r\ngagasan, siswa bertanya kepada guru ketika mengalami kesulitan, dan siswa lebih\r\nbersemangat ketika mempelajari matematika."^^ . "2016-08-23" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 12600025"^^ . "AMALIA PRAHESTI"^^ . "NIM. 12600025 AMALIA PRAHESTI"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA DENGAN METODE GUIDED INQUIRY UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMA/MA PADA MATERI GEOMETRI (Text)"^^ . . . . . "12600025_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA DENGAN METODE GUIDED INQUIRY UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMA/MA PADA MATERI GEOMETRI (Text)"^^ . . . . . "PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA DENGAN METODE GUIDED INQUIRY UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMA/MA PADA MATERI GEOMETRI (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA DENGAN METODE GUIDED INQUIRY UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMA/MA PADA MATERI GEOMETRI (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA DENGAN METODE GUIDED INQUIRY UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMA/MA PADA MATERI GEOMETRI (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA DENGAN METODE GUIDED INQUIRY UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMA/MA PADA MATERI GEOMETRI (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA DENGAN METODE GUIDED INQUIRY UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMA/MA PADA MATERI GEOMETRI (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA DENGAN METODE GUIDED INQUIRY UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMA/MA PADA MATERI GEOMETRI (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA DENGAN METODE GUIDED INQUIRY UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMA/MA PADA MATERI GEOMETRI (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA DENGAN METODE GUIDED INQUIRY UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMA/MA PADA MATERI GEOMETRI (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #23231 \n\nPENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA DENGAN METODE GUIDED INQUIRY UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMA/MA PADA MATERI GEOMETRI\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Matematika" . .