TY - THES N1 - Lisnawati S.Psi., M.Si ID - digilib23235 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23235/ A1 - Nur Marhida Rohmawati Sholihah, NIM. 10710060 Y1 - 2016/05/12/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media teka-teki silang (crossword puzzle) dalam meningkatkan kemampuan menghafal kosakata pada siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al Anwar Nangsri. Subjek penelitian ini terdiri dari 16 siswa yang mempunyai skor pre-test dengan kategori rendah dan sedang. Hipotesis pada penelitian ini ada pengaruh media teka-teki silang (crossword puzzle) dalam meningkatkan kemampuan menghafal kosakata bahasa Jawa Krama pada siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu eksperimen murni, dengan tipe randomized pretest-posttest control group design yang menggunakan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pada saat pelatihan, kelompok eksperimen diberi materi dengan menggunakan media tekateki silang, sedangkan pada kelompok kontrol tidak menggunakan media teka-teki silang. Pengukuran dilakukan sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Hasil analisis dengan menggunakan Mann Whitney U Test menunjukkan nilai Z sebesar -2.052 dengan nilai signifikansi sebesar 0.040 yang artinya sig<0.05, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Selanjutnya, nilai mean rank yang diperoleh kelompok eksperimen sebesar 11,33 dan kelompok kontrol sebesar 6,38, artinya kelompok eksperimen memiliki mean rank lebih besar dibanding kelompok kontrol. Dengan demikian, ada pengaruh media teka-teki silang dalam meningkatkan kemampuan menghafal kosakata basa Jawa krama pada siswa. Kata kunci: Media Pembelajaran, Teka-teki silang (Crossword Puzzle), Kemampuan Menghafal, Kosakata PB - UIN Sunan Kalijaga KW - Media Pembelajaran KW - Teka-teki silang (Crossword Puzzle) KW - Kemampuan Menghafal KW - Kosakata M1 - skripsi TI - PENGARUH MEDIA TEKA-TEKI SILANG (CROSSWORD PUZZLE) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL KOSAKATA BAHASA JAWA KRAMA PADA SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) AL ANWAR NANGSRI BANTUL KELAS III, IV DAN V AV - restricted EP - 182 ER -