%A NIM. 12600005 FITRI DIAH HASTUTI %O Dr. Hj Khurul Wardati, M. Si., %T EFEKTIVITAS PENDIDIKAN MORAL MATEMATIKA DENGAN MODEL ARCS (ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDANCE AND SATISFACTION) YANG DIKOLABORASIKAN DENGAN CARD SORT TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN PENGEMBANGAN KARAKTER SISWA %X Penelitian ini memiliki dua tujuan. Tujuan pertama yakni mengetahui efektivitas pendidikan moral matematika dengan model ARCS yang dikolaborasikan dengan card sort dibandingkan dengan model konvensional terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Kedua, mengetahui efektivitas pendidikan moral matematika dengan model ARCS yang dikolaborasikan dengan card sort dibandingkan dengan model konvensional terhadap pengembangan karakter siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain Non Equivalent Control Group Design. Variabel bebas berupa pendidikan moral matematika dengan model ARCS yang dikolaborasikan dengan card sort dan pembelajaran konvensional. Variabel terikat terdiri dari kemampuan komunikasi matematis dan pengembagan karakter. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 1 Yogyakarta tahun ajaran 2015/2016. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara teknik simple random sampling. Terpilih kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data menggunakan independent sample t-test, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan homogenitas. Kedua, menggunakan uji mann whitney karena uji prasyarat tidak terpenuhi. Pengujian dilakukan dengan SPSS 15.0. Hasil penelitian menunjukan hasil hitung N-Gain tes kemampuan komunikasi matematis diperoleh nilai asymp.sig (1-tailed) sebesar 0,000 0,05, maka H0 ditolak, artinya data N-Gain tes kemampuan komunikasi kelas eksperimen lebih besar daripada data N-Gain tes kemampuan komunikasi kelas kontrol. Hal ini berarti Pendidikan moral matematika dengan model ARCS yang dikolaborasikan dengan card sort lebih efektif terhadap kemampuan komunikasi matematis dibandingkan dengan model konvensional. Berdasarkan hasil hitung NGain karakter diperoleh nilai asymp.sig (1-tailed) sebesar 0,495 0,05, maka H0 diterima, data N-Gain karakter kelas eksperimen kurang dari data N-Gain karakter kelas kontrol. Uji analisis data perkarakter menunjukkan bahwa karakter mandiri, percaya diri dan disiplin pada kelas eksperimen lebih rendah daripada kelas kontrol. Hal ini berarti, pendidikan moral matematika dengan model ARCS yang dikolaborasikan dengan card sort tidak lebih efektif terhadap pengembangan karakter dibandingkan dengan model konvensional. %K Efektivitas, pendidikan moral matematika, ARCS, card sort, kemampuan komunikasi, pengembangan karakter %D 2016 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib23242