%0 Thesis %9 Skripsi %A ANNISA ROHMAH, NIM. 11600001 %B FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI %D 2016 %F digilib:23246 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Efektivitas, Pendekatan Open-Ended, Kooperatif Tipe NHT, Koneksi Matematis, Berpikir Kreatif. %P 252 %T EFEKTIVITAS PENERAPAN PENDEKATAN OPEN-ENDED DENGAN SETTING KOOPERATIF TIPE NHT TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMP KELAS VIII %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23246/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) untuk mengetahui efektivitas pembelajaran menggunakan pendekatan open-ended dengan setting kooperatif tipe NHT daripada pembelajaran konvensional terhadap kemampuan koneksi matematis siswa kelas VIII dan (2) untuk mengetahui efektivitas pembelajaran menggunakan pendekatan open-ended dengan setting kooperatif tipe NHT daripada pembelajaran konvensional terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimental dengan desain non equivalent control group design. Variabel pada penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu pendekatan open-ended dengan setting kooperatif tipe NHT, serta variabel terikat yaitu kemampuan koneksi matematis dan kemampuan berpikir kreatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Yogyakarta, dan sampel dalam penelitian adalah siswa kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dengan penerapan pendekatan open-ended dengan setting kooperatif tipe NHT dan siswa kelas VIII A sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian yang digunakan yakni, instrumen pengumpul data berupa test (pretest-posttest) dan instrumen pembelajaran berupa RPP dan Lembar Kegiatan Siswa (LKS). Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik parametrik berupa uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pembelajaran menggunakan pendekatan open-ended dengan setting kooperatif tipe NHT lebih efektif daripada pembelajaran konvensional terhadap kemampuan koneksi matematis siswa SMP kelas VIII dan (2) pembelajaran mneggunakan penerapan pendekatan open-ended dengan setting kooperatif tipe NHT lebih efektif daripada pembelajaran konvensional terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa SMP kelas VIII. %Z Sintha Sih Dewanti, M.Pd.Si,