@phdthesis{digilib2325, month = {May}, title = {EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS VII MTs MUALLIMIN PARAKAN TEMANGGUNG}, school = {UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta}, author = { pith Azizah Nishfa Lailiyah NIM. 02421402}, year = {2009}, note = {Pembimbing : Drs. Nurhadi, M.A,}, keywords = {Eksperimentasi, Pembelajaran, Bahasa Arab, Kontekstual}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2325/}, abstract = {ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar bahasa Arab pada siswa kelas VII MTs Muallimin Parakan antara sebelum dan sesudah diterapkan pendekatan kontekstual (CTL) dan mengetahui perbedaaan hasil belajar belajar bahasa Arab pada siswa kelas VII MTs Muallimin Parakan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Penelitian ini merupakan eksperimentasi yang penekanannya pada peningkatan proses dan hasil belajar bahasa Arab dengan adanya penerapan pendekatan kontekstual (CTL). Sumber data utama adalah kepala sekolah, guru bahasa Arab dan siswasiswi kelas VII MTs Muallimin Parakan. Adapun teknik dan instrumen pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan, wawancara, tes dan dokumentasi. Adapun dalam menganalisis data digunakan uji t atau t - test?. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa : (1) adanya peningkatan yang signifikan pada hasil belajar bahasa Arab siswa kelas VII MTs Muallimin Parakan antara sebelum dan sesudah diterapkan pendekatan kontekstual (CTL). (2) Adanya peningkatan yang signifikan pada hasil belajar bahasa Arab siswa kelas VII MTs Muallimin antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.} }