eprintid: 23253 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 77 dir: disk0/00/02/32/53 datestamp: 2016-12-23 03:14:36 lastmod: 2016-12-23 03:14:36 status_changed: 2016-12-23 03:14:36 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: MIA MU'THIAH, NIM. 09600008 title: EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) DENGAN TALKING STICK TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KEAKTIFAN SISWA KELAS VII SMP ispublished: pub subjects: pen_mat divisions: jur_pemat full_text_status: restricted keywords: Efektivitas, STAD (Student Teams Achievement Division), Talking Stick, Pemahaman Konsep, Keaktifan. note: Suparni, M.Pd. abstract: Penelitian ini memiliki dua tujuan. Pertama, untuk mengetahui efektifitas pembelajaran matematika di kelas VII SMP Muhammadiyah Imogiri dengan menggunakan model pembelajaran STAD dengan Talking Stick dibandingkan dengan pembelajaran menggunakan metode konvensional ditinjau dari pemahaman konsep matematika siswa. Kedua, untuk mengetahui efektifitas pembelajaran matematika di kelas VII SMP Muhammadiyah Imogiri dengan menggunakan model pembelajaran STAD dengan Talking Stick dibandingkan dengan pembelajaran menggunakan metode konvensional ditinjau dari keaktifan siswaa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi exsperiment) dengan desain nonequivalent control group design. Variabel dalam penelitian ini meliputi variabel bebas berupa penggunaan model pembelajaran STAD dengan Talking Stick, dan variabel terikat berupa pemahaman konsep dan keaktifan siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Muhamadiyah Imogiri yang berjumlah 94 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Terpilih kelas VII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VII D sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah menggunakan uji U Mann Whitney dengan bantuan SPSS. Berdasarkan uji U Mann Whitney terhadap gain tes diperoleh nilai sig. sebesar 0.032 0.05; artinya pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan Talking Stick lebih efektif terhadap peningkatan pemahaman konsep matematika siswa dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Adapun terhadap gain angket keaktifan siswa diperoleh nilai sig. sebesar 0.205 0.05; artinya pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan Talking Stick tidak lebih efektif terhadap keaktifan siswa dibandingkan dengan pembelajaran menggunakan model konvensional. date: 2016-08-25 date_type: published pages: 344 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: MIA MU'THIAH, NIM. 09600008 (2016) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) DENGAN TALKING STICK TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KEAKTIFAN SISWA KELAS VII SMP. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23253/1/09600008_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23253/2/09600008_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf