TY - THES N1 - Pembimbing : Drs. Dudung Hamdun, M. Si. ID - digilib2328 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2328/ A1 - Daryono NM. 01420542, Y1 - 2009/05/26/ N2 - ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui untuk mendeskripsikan lebih jauh bagaimana proses penerapan Quantum Learning dalam pembelajaran Nahwu di Pondok Pesantren Hidayatullah Yogyakarta, dan juga untuk menganalisis sejauh mana keberhasilan penerapan Quantum Learning dalam pembelajaran Nahwu di Pondok Pesantren Hidayatullah Yogyakarta, Hasil yangdicapai satri dalam mata pelajaran Nahwu, dan faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran Nahwu di Pondok Pesantren Hidayatullah Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, dan pendekatan adalah pedagogis. Adapun jumlah populasi sebanyak 22 orang yang terdiri dari satu ustadz nahwu kelas I dan seluruh santri kelas I yang berjumlah 21 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah obserfasi, angket, interview, dokumentasi, kuesioner dan test. Analisis data yang digunakan adalah deskriftif analitik dengan metode kualitatif dan kuantitatif. Metode kualitatif digunakan untuk untuk menganalisa data yang tidak berupa angka yaitu dengan metode induktif dan deduktif. Sedangkan analisis kuantitatif digunakan untuk digunakan untuk menganalisa data yang berupa angka. Rumus yang digunakan adalah rumus distribusi frekwensi relatif dan rumusnilai rata-rata (mean). Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Penerapan Quantum Learning sebagai pendekatan dan metode pembelajaran nahwu sudah diterapkan dengan baik walaupun tidak semua teori dan konsep Quantum Learning diterapkan sepenuhnya dalam artian hanya menerapkan beberapa konsep diantaranya : Lima keyakinan yang meningkatkan emosi positif, selain lima keyakinan tersebut juga diterapkan seperangkat metode dan falsafah belajar yang mengintegrasikan lingkungan, fisik, suasana, interaksi, metode, dan teknik belajar untuk mempelajari keterampilan, yang semua aspek tersebut akan melahirkan keyakinan dan nilai-nilai. (2) Hasil yang dicapai santri dalam belajar nahwu dengan pendekatan dan metode Quantum Learnig sangat baik (nilai rata-rata kelas = 85). (3) Faktor pendukung dalam dalam pembelajaran nahwu diantaranya adalah penerapan Quantum Learning dalam pembelajaran nahwu yang terbukti berhasil, adanya semangat ustadz nahwu yang sangat tinngi, adanya motifasi dan antusiame santri untuk belajar nahwu, adanya kedekatan/persahabatan antara ustadz dangan santri, serta tersedianya sarana dan media pembelajaran. Adapun faktor penghambatnya adalah belum adanya kesepakatan sistem untuk menerapkan Quantum Learning sebagai metode dan pendekatan pembelajaran. PB - UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta KW - Penerapan KW - Quantum Learning KW - Pembelajaran KW - Nahwu M1 - skripsi TI - PENERAPAN QUANTUM LEARNING DALAM PEMBELAJARAN NAHWU DI PONDOK PESANTREN HIDAYATULLAH YOGYAKARTA AV - restricted ER -