%0 Thesis %9 Skripsi %A Agus Nelin Nuha, NIM: 12810074 %B Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam %D 2016 %F digilib:23304 %I UIN Sunan Kalijaga %K Pendapatan, Religiusitas, Kepercayaan, Pelayanan dan Minat %P 128 %T ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MUZAKKI DALAM MEMBAYAR ZAKAT (Studi Kasus di Badan Amil Zakat Kota Yogyakarta) %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23304/ %X Kota Yogyakarta memiliki potensi zakat yang tinggi, akan tetapi realisasi dana yang terkumpul di Badan Amil Zakat Kota Yogyakarta hanya mencapai 25% saja, hal ini menunjukkan bahwa sebenarnya potensi zakat di Kota Yogyakarta belum mampu untuk direalisasikan secara optimal, karena itulah penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat muzakki dalam membayar zakat di Badan Amil Zakat Kota Yogyakarta. Faktor-faktor tersebut diantaranya adalah pendapatan, religiusitas, kepercayaan dan pelayanan Populasi dalam penelitian ini adalah semua muzakki Badan Amil Zakat Kota Yogyakarta. Sampel dalam penelitian ini diambil dari sebagian muzakki dengan menggunakan teknik convinience sampling dengan penentuan jumlah sampel menggunakan metode slovin. Terdapat 100 kuesioner yang diolah dalam penelitian ini. Metode pengumpulan data primer yang dipakai adalah dengan metode survei dengan menggunakan media kuesioner. Selain kuisioner, penelitian ini juga didukung dengan wawancara. Metode analisis data dalam penelitian ini yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik dan uji hipotesis dengan program SPSS 18.00 Berdasarkan hasil analisis uji parsial (uji t) Pendapatan terhadap minat muzakki dalam membayar zakat, menunjukkan bahwa nilai probabilitas signifikansi yang diperoleh sebesar 0,000 ≤ 0,05 dan thitung (5,460) ≥ ttabel (1,985). Artinya bahwa pendapatan berpengaruh positif signifikan terhadap minat muzakki dalam membayar zakat. Religiusitas terhadap minat muzakki dalam membayar zakat, menunjukkan bahwa nilai probabilitas signifikansi yang diperoleh sebesar 0,001 ≤ 0,05 dan thitung (3,423) ≥ ttabel (1,985). Artinya bahwa religiusitas berpengaruh positif signifikan terhadap minat muzakki dalam membayar zakat. Kepercayaan terhadap minat muzakki dalam membayar zakat, menunjukkan bahwa nilai probabilitas signifikansi yang diperoleh sebesar 0,000 ≤ 0,05 dan thitung (4,323) ≥ ttabel (1,985). Artinya bahwa kepercayaan berpengaruh positif signifikan terhadap minat muzakki dalam membayar zakat. Sedangkan pelayanan terhadap minat muzakki dalam membayar zakat, menunjukkan bahwa nilai probabilitas signifikansi yang diperoleh sebesar 0,357 ≥ 0,05 dan thitung (0,925) ≤ ttabel (1,985). Artinya bahwa pelayanan tidak berpengaruh terhadap minat muzakki dalam membayar zakat. Kepercayaan terhadap minat muzakki dalam membayar zakat. Kata Kunci: Pendapatan, Religiusitas, Kepercayaan, Pelayanan dan Minat %Z Ibi Satibi, S.H.I., M.Si.