@phdthesis{digilib2333, month = {August}, title = {MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII DALAM PEMBELAJARAN QUR'AN HADITS DI MTs N YOGYAKARTA II}, school = {UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta}, author = { pit EDAWATI NIM : 04471169}, year = {2012}, note = {Pembimbing : Dr. H. Hamruni M.Pd.}, keywords = {Motivasi, Belajar, Siswa, Pembelajaran, Qur'an, Hadits}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2333/}, abstract = { ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan proses pembelajaran Qur'an Hadits kelas VIII MTs N Yogyakarta II apakah sudah kreatif dan menyenangkan atau belum, mengetahui tingkat motivasi siswa dalam pembelajaran Qur{\~A}?{\^a}??{\^a}??an Hadits MTs N Yogyakarta II, serta upaya yang dilakukan guru bidang studi Qur'an Hadits dalam meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran di kelas VIII MTs N Yogyakarta II. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar belakang MTs N Yogyakarta II. Pengumpulan data yang dilakukan yaitu melalui wawancara mendalam, observasi, angket dan dokumentasi. Metode yang digunakan oleh penulis dalam menganalisa data yang berhasil dikumpulkan ialah metode deskriptif kualitatif, yakni penelitian yang dimulai dari fakta empiris dimana peneliti terjun langsung ke lapangan, mempelajari, menganalisis, menafsirkan, dan menarik kesimpulan dari fenomena yang ada di lapangan. Dalam proses menganalisa data menggunakan prosedur analisa sebagai berikut : mengumpulan data, mereduksi data, penyajian data, dan diakhiri dengan menarik kesimpulan. Untuk mendukung data yang bersifat kualitatif tersebut penulis menggunakan data kuantitatif dengan rumus sederhana. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Pelaksanaan pembelajaran Qur{\~A}?{\^a}??{\^a}??an Hadits kelas VIII MTs N Yogyakarta II tergolong cukup baik. (2) Motivasi belajar siswa cenderung hiterogen ada yang mempunyai motivasi rendah, sedang dan tinggi. Namun rata-rata tingkat motivasi siswa kelas VIII MTs N Yogyakarta II tergolong sedang. (3) Upaya-upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan motivasi siswa kelas VIII MTs N Yogyakarta II adalah melalui cara-cara sebagai berikut : (a)Pernyataan penghargaan secara verbal. (b) Penggunaan nilai ulangan sebagai pemicu keberhasilan. (c) Menggunakan materi yang dikenal siswa sebagai contoh dalam belajar. (d) Memahami iklim sosial dalam sekolah. (e) Memanfaatkan kewibawaan guru secara tepat. (f) Merumuskan tujuan-tujuan sementara. (g) Memberitahukan hasil kerja yang telah dicapai. } }