eprintid: 2335 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 8 dir: disk0/00/00/23/35 datestamp: 2012-08-08 08:52:41 lastmod: 2012-08-08 08:57:48 status_changed: 2012-08-08 08:57:48 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Elis Tuti Winaningsih NIM. 05410118, pith title: IMPLEMENTASI METODE QIRAATI DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR'AN DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU SALMAN AL-FARISI YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: P divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: Implementasi, Qiraati, Al-Qur'an note: Pembimbing : Muqowim abstract: ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang penerapan metode Qiraati dalam proses pembelajaran AL-QUR'AN di Sekolah Dasar Islam Terpadu Salman Al-Farisi Yogyakarta serta kendala-kendala yang dihadapi. Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat dipergunakan untuk menyempurnakan penerapan metode Qiraati dalam pembelajaran AL-QUR'AN tidak hanya oleh Sekolah Dasar Islam Terpadu Salman Al-Farisi Yogyakarta tetapi bisa diterapkan di sekolah-sekolah formal maupun non formal yang pembelajaran Qur'annya menggunakan metode Qiraati. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil tempat penelitian di Sekolah Dasar Islam Terpadu Salman Al-Farisi Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mereduksi data, kemudian penyajian data, dan akhirnya dari data yang telah disusun tersebut ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1). Metode Qiraati diimplementasikan dalam kegiatan persiapan pembelajaran dengan pembinaan guru pengajar Qiraati secara rutin dan pembagian kelas siswa berdasarkan kemampuan jilid siswa, pelaksanaan kegiatan belajar mengajar di kelas, penggunaan alat peraga, dan evaluasi siswa oleh koordinator sekaligus yang menentukan kenaikan jilid ditentukan siswa. (2). Beberapa kendala yang menghambat antara lain: karakter dari masing-masing pribadi baik siswa maupun guru yang tidak mau mengikuti peraturan yang telah ditetapkan oleh Qiraati, kurangnya guru memenuhi kualifikasi/lulus syahadah, guru tidak mengikuti pembinaan rutin karena kesibukan tiap-tiap individu, waktu yang kurang untuk pengajaran Qiraati, ada beberapa guru yang kurang disiplin menyebabkan pembelajaran kurang efektif dan efisien. date: 2012-08-08 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: Fakultas Tarbiyah thesis_type: skripsi refereed: TRUE referencetext: update terakhir : 2009-05-26 14:29:18 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--elistutiwi-2038-1-eliswin-n.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/41/digilib-uinsuka--elistutiwi-2038-1-eliswin-n.pdf ; url download server lama : /download.php?id=2414 ; nama file lama : ELIS WINANINGSIH 05410118 IMPLEMENTASI METODE QIRAATI DALAM PEMBELAJARAN AL QURAN.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 2499861 Kb. penulis : ; Copyright 2009 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: Elis Tuti Winaningsih NIM. 05410118, pith (2012) IMPLEMENTASI METODE QIRAATI DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR'AN DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU SALMAN AL-FARISI YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2335/1/BAB%20I%2CV.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2335/2/BAB%20II%2CIII%2CIV.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2335/3/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2335/4/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2335/5/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2335/6/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2335/7/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2335/8/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2335/9/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2335/10/small.jpg