TY - THES N1 - Dr. Ahmad Baidowi S.Ag.M.SI SKRIPSI Diajukan Kepada Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yoyakarta Untuk Memenuhi Sebagian Syarat Memperoleh Gelar Sarjana Strata Satu Agama (S. Ag) Disusun oleh : Latif Nurkholifah NIM: 11530030 PRODI ILMU AL-QUR??N DAN TAFSIR FAKULTAS USHULUDDIN DAN PEMIKIRAN ISLAM UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA 2016 SURAT l'ER:'WATAM' KEASLTA. Saya yung bi-'IIund:Hlltlgan di bawah iui: Nama : l,.atifNurkholifah NJM : 11530030 Program Studi :llmu Al-Qur'lin Dan Tafuir fal'111tas :Ushuluddin dan Pemikiran Islam menyatakan dengan scsungguhnya bahwa sknpsi saya ini adalah bcnar-bcnar karya saya sendiri. Sepanjang pengetahuan saya tidak terdapat knryn atnu pt:ndapat yang ditulis atau dttcrbitknn ornng lain kccuali sebagai acuan atau kutipan dcnganmengikuti tata penel1tian ilmiah yang lazim. Yogyakarta ,3 Desemher 20 16 Yang Mcnyatakan, LatifNurkholilah 'JIM. 11530030 jj Faknll?? l'?lu u.ddm dan Pani.br?nhl m OniversiUL lslitus Nttteri Sunuo K.Alijlfg3 Yogy31i::Bna .il'ORMUU.RKELAYl>KA'N SKRTPSI Dr. Sai:fuddin Zuhri, S.Th.f,MA Dosen Fakult(lcj; Ushuluddin dan Pemikiran lslam UlN Sunan Kalijaga Yogyak!lfta NOTADINAS Hal : Skripsi Sdri.Latifl\urkholifah Lamp : 4 (empat) eksemplar Kepada Yth. Dekan fakultas Ushuludd.in dan Pemikiran Islam UN Sunan Kalijaga Yogyakarta di Y(lgyakarta FM-\II NlA #?x ãt ô??Ïi ?ä.ö?Ågä??u /ö 3ä /Î ??ç ?è ?Ïi? ?6à 9s ?ö Ï óø t? ?µÏ /Î #( ?ã?Ï?#?u ?u !« $# ?z Åç#?y (#?ç7?_Å r& 4 ?â !$?u 9Ï ÷?&r ÿ?µÏ ?Ï ??ß ?Ï? ?µç 9s §} ?ø 9s ?u ÚÇ ?ö {F $# ?Îû ?9 f÷è?ß Î/ §} ?ø =ùs !« $# ?z Åç#?y =ó gÅ ?ä ?? ???? ??t ?u ???? ?A ?Î7?? 9??n=|Ê ?ûÎ ?? Íׯ?9s ?' é& ?Dan (Ingatlah) ketika kami hadapkan serombongan jin kepadamu yang mendengarkan Al Quran, Maka tatkala mereka menghadiri pembacaan (nya) lalu mereka berkata: "Diamlah kamu (untuk mendengarkannya)". ketika pembacaan Telah selesai mereka kembali kepada kaumnya (untuk) memberi peringatan (al-Ahqaaf 29) ?Mereka berkata: "Hai kaum kami, Sesungguhnya kami Telah mendengarkan Kitab (Al Quran) yang Telah diturunkan sesudah Musa yang membenarkan kitab-kitab yang sebelumnya lagi memimpin kepada kebenaran dan kepada jalan yang lurus(al-Ahqaaf 30) ?Hai kaum kami, terimalah (seruan) orang yang menyeru kepada Allah dan berimanlah kepada-Nya, niscaya Allah akan mengampuni dosa- dosa kamudan melepaskan kamu dari azab yang pedih (al-Ahqaaf 31). Dan orang yang tidak menerima (seruan) orang yang menyeru kepada Allah Maka dia tidak akan melepaskan diri dari azab Allah di muka bumi dan tidak ada baginya pelindung selain Allah. mereka itu dalam kesesatan yang nyata"(al-Ahqaf:32)33 Dalam Asbab an-Nuzul karya Jalaluddin as-Suyuthi disebutkan sebab- sebab diturunkannya surah al-Ahqaf ayat 29-32 diriwayatkan dari Ibnu Abi Syaibah dari Ibnu Mas?ud. Ketika Rasulullah SAW sedang membaca ayat- ayat al-Qur??n, ada beberapa Jin (sejumlah riwayat menyebutkan jumlahnya 33 Q.S. al-ahq?f (29-32):46 . CD al-Qur?n al-Karim, al-Qur?n Digital, 2004. 23 ada sembilan Jin dan sebagian lainnya menyebutkan tujuh Jin) yang turut mendengarkan bacaan al-Qur??n dari Rasulullah SAW. Kemudian salah satu dari Jin itu mengingatkan teman-temannya ?diamlah, perhatikan bacaannya?. Sesudah itu mereka kembali kepada kaumnya untuk mengingatkan mereka pada jalan yang benar. Menurut Abdullah Ibnu Umar, ayat al-Qur??n yang dibacakan Rasulullah SAW ketika itu adalah ar-Rahman. Rasulullah SAW bersabda, ?tidak ada bagiku selain golongan Jin yang lebih baik dalam merespon surah ar-Rahman dari pada kalian.? Para sahabat bertanya. ?bagaimana bisa, ya Rasul?? Rasulullah menjawab, ?ketika aku membaca ayat ?maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan,? para Jin berkata,? Wahai Tuhan kami, tidak ada sedikit pun dari nikmat-Mu yang kami dustakan.?34 Dalam tafsir Quraish Shihab bahwa Ayat di atas bagaikan menyarankan sebutkan dan ingatkanlah semua pihak menyangkut kandungan ayat-ayat yang lalu dan ingatkanlah pula ketika kami hadapkan dengan satu cara yang sangat simpatik kepadamu secara khusus. Serombongan Jin yang jumlahnya kurang dari sepuluh orang meminta agar mendengarkan ayat-ayat al-Qur??n atau mendengarkannya secara tekun, maka tatkala mereka menghadiri pembacaan-nya mereka berkata satu sama lain: ?diamlah dan perhatikanlah dengan tekun ayat-ayat al-Qur??n.? Lalu ketika pembacaan telah selesai, mereka segera kembali kepada kaumnya untuk member peringatan. 34 TIM Dakwah Pesantren, Kumpulan Tanya Jawab Keagamaan PISS KTB (Yogyakarta: Pustaka Ilmu Sunni Salafiyah, 2015), hlm. 53. 24 Mereka berkata: ?Hai kaum kami, sesunggunya kami telah mendengarkan dari satu kitab yang agung, maksud mereka al-Qur??n yang telah diturunkan oleh Allah sesudah kitabnya Nabi Musa yakni Taurat.35 Al-Qur??n adalah petunjuk bagi siapapun bagi yang membaca maupun mendengar al-Qur??n tidak hanya dari golongan manusia saja. Dari pemaparan di atas bahwa Jin mengatakan diamlah!! Agar dapat mendengar bacaan al- Qur??n dengan jelas selain itu memerintahkan agar mendengarkan secara tekun. Kemudian sima?an juga ada di dalam hadis bahwa Rasulullah pernah menyimak bacaan Ummi Abdullah dengan seungguh-sungguh dengan pahami maknanya hingga menangis. Adapun pemaparan sima?an ada di dalam literature al-Qur??n dan hadis adalah sebagai berikut: Di dalam salah satu hadits imam Muslim bahwa sima?an juga di lakukan oleh Nabi Muhammad diriwayatkan bahwa Rasulullah sangat suka mendengarkan bacaan al-Qur??n dari orang lain: ???? ?? ????? ?? ??? ?? ???? ?? ?? ??? ???? ?? ?????? ??????? ????????? ???? ?? ?? ???? ?? ????? ???????? ?? ? ? ? ? ?? ???? ?? ?? ???? ????? ?? ?? ?? ??? ???????? ?? ?? ?? ?? ?? ???? ?? ?? ?? ????? ?? ?? ?? ???? ???????? ?? ? ?? ??????? ?? ??? ?? ???????? ?? ???? ???????? ?????? ?? ???????? ? ? ? ????? ? ? ? ????? ?? ?? ?? ??? ?? ??? ?? ????????? ?????? ?? ?? ??????? ?? ?? ?? ??????? ?? ????? ?? ??? ???????? ?? ?????? ?? ?? ?????? ????????? ? ? ? ????? ?? ?? ?? ?????????? ?? ??? ?? ?? ?????? ??? ?? ?? ?? ???????? ????? ?? ???? ?? } ?? ?? ????? ????? ?? ?? ????? ????? ??? ???? ?? ?? ???????? ?????? ???? ?? ?? ?? ?????? ?? ???? ??? ???? ?? ?? ????? { ??? ??? ?? ???????? ????? 35 Quraish Shihab, Tafsir Al-Misbah volume 12 (Jakarta: Lentera, 2002), hlm. 425. 25 ?? ?? ??? ???? ?? ?? ???? ? ?? ?? ?? ??? ?????? ??? ???? ?? ?? ?? ?? ????? ???????? ?? ?? ??? ?? ???? ????? ?? ????????? ?? ??? ????????? ?? ?????? ???? ?? ???????? ??? ?? ??? ???? ??? ???? ?? ?? ? ?? ???? ??? ?????? ? ? ? ? ?? ? ?? ? ? ? ? ? ? ? ? ?? ???? ???????? ???????? ??? ????? ?????? ?????? ?? ???????? ? ? ? ????? ?? ? ????? ?? ?? Telah menceritakan kepada kami Abu Bakr bin Abu Syaibah dan Abu Kuraib semuanya dari Hafsh -Abu Bakr- berkata, telah menceritakan kepada kami Hafsh bin Ghiyats dari Al A'masy dari Ibrahim dari Abidah dari Abdullah ia berkata; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda kepadaku: "Bacakanlah Al Qur`an kepadaku." Abdullah berkata; saya bertanya, "Wahai Rasulullah, apakah saya membacakannya kepada Anda, sementara Al Qur`an diturunkan kepada Anda?" beliau bersabda: "Saya suka untuk mendengarnya dari orang lain." Maka saya pun membaca surat An Nisa`, hingga (bacaanku) sampai pada ayat: "Dan kami mendatangkan kamu (Muhammad) sebagai saksi atas mereka itu (sebagai umatmu)." Aku mengangkat kepalaku -atau- seorang laki-laki datang ke sampingku, dan aku pun mengangkat kepala, maka aku melihat air mata beliau menetes. Telah menceritakan kepada kami Hannad bin As Sariy dan Mindab bin Harits At Tamimi semuanya dari Ali bin Mushir dari Al A'masy dengan isnad ini. Hannad menambahkan dalam riwayatnya; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda kepadaku sementara beliau berada di atas mimbar: "Bacakanlah (Al Qur`an) untukku."36 Pada suatu hari, Rasulullah memanggil Abdullah dan berkata kepadanya, ?bacakanlah (al-Qur??n) untukku wahai Abdullah.? Abdullah menjawab, ?aku bacakan untukmu, sedangkan kepadamulah diturunkannya wahai Rasulullah?? Sesungguhnya aku ingin mendengarnya dari selainku, ?jawab beliau dengan hikmat. Maka, Abdullah pun membacakan ayat-ayat suci al- Qur??n dengan bacaan yang bagus dan suara indah. Begitu senangnya Rasulullah kepada sahabatnya itu, beliau pun mewasiatkan kepada para sahabatnya untuk mengikuti Abdullah Ibnu Mas?ud 36 Hadis Riwayat Muslim, No 1332, CD Lidwa. 26 dengan sabdanya, ?barang siapa yang suka mendengar al-Qur??n dengan baik, dengarkanlah dari Ibn Ummi Abdullah.? Beliau juga bersabda tentang sahabatnya itu, ?Dan barangsiapa yang suka membaca al-Qur??n dengan baik sebagaimana ia diturunkan, maka bacalah ia menurut Ummi Abdullah.37 Rasulullah menangis mendengarkan bacaan sahabat karena beliau benar-benar meresapi makna yang ada dalam ayat-ayat tersebut. Rasulullah juga menjelaskan bahwa barang siapa mendengarkan al-Qur??n maka dituliskan baginya kebaikan berlipat ganda seperti hadis: ??? ???? ????? ?? ?? ??? ? ?? ?? ?????? ???? ?? ?? ?? ????? ???????? ?? ???? ??? ???? ?????? ?? ????? ????? ???????? ?? ?? ?? ????? ???? ?? ?? ???? ? ?? ?? ?? ??? ?????? ?? ???????? ? ? ? ????? ?? ? ????? ?? ?? ?? ??????????? ???? ?? ?? ??????? ?????? ???? ?? ????? ??? ???? ?? ???? ?????? ??? ?? ?????? ?? ???? ?? ???? ?? ??? ??? ? ? ? ?? ????? ???????????? Telah menceritakan kepada kami Abu Sa'id pelayan Bani Hasyim berkata; telah menceritakan kepada kami 'Abbad bin Maisarah dari Al Hasan Al Bashri dari Abu Hurairah, dia berkata; Bahwasanya Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam Bersabda: "Barangsiapa menyimak satu ayat dari kitab Allah ta'ala maka akan ditulis baginya kebaikan yang berlipat ganda, dan barangsiapa membacanya maka baginya cahaya di hari kiamat."38 Seperti yang tertera di dalam surah al-Anfal (2):8 bahwa mendengarkan ayat-ayat Allah akan menambah keimanan: 37Wawan Susetya, Cermin Hati (Solo: Tiga Serangkai Putaka Mandiri, 2006), hlm. 302. 38 Hadis Riwayat Ahmad, Kitab Ahmad, No 8138, CD Lidwa. 27 ?µç çG??t #u? ?ö ?Í ?ö =ãt ôMu?=Î ?è #?s )Î ?u ö??å 5æ ?è=% ôMn=_Å u? !ª $# ?t .Ï ?è #?s )Î t??%Ï !© #$ ?? ??ã ?Ï ÷??ß 9#$ $?y ?¯ )Î ??? ?t ?è=.© ?u G?t ?ó Î?/În ?u 4?n?ãt u? $?Y ??y ?)Î ö??å Eø y?#?y Artinya: sesungguhnya orang-orang yang beriman itu adalah mereka yang apabila disebut nama Allah gemetarlah hati mereka, dan apabila dibacakan kepada mereka ayat-ayat Nya bertambahlah iman mereka (karenanya) dan kepada tuhan-lah mereka bertawaka39 Dan apabila dibacakan ayat-ayat-Nya kepada mereka bertambah kuat imannya yaitu bertambah kepercayaan mereka. Al-Bukhari Rahimakumullah dan yang lainnya dari kalangan para Imam menjadikan ayat ini dan ayat-ayat yang sejenisnya sebagai dalil yang menunjukkan bahwa iman itu dapat bertambah dan dapat berkurang, iman dapat berubah-ubah di dalam hati. Demikianlah ma? hab Jumhur umat Islam, bahkan banyak orang dari kalangan para imam meriwayatkan adanya Ijma? akan hal tersebut seperti Asy-Syafi?i, Ahmad bin Hanbal dan Abu Ubaid Rahihumullah. 40 Allah SWT menjelaskan sebagian sifat mereka yang menyandang predikat mukmin yaitu: orang-orang mukmin yang mantab imannya dan kukuh lagi sempurna keyakinannya hanyalah mereka yang membuktikan pengakuan iman mereka dengan perbuatan sehingga antara lain apabila disebut nama Allah sekedar mendengar nama, gentar hati mereka karena mereka sadar akan kekuasaan dan keindahan serta keagungan-Nya dan apabila dibacakan oleh siapapun kepada mereka ayat-ayat-Nya, ia yakni ayat- 39 Q.S. al-anfal (2):8. CD al-Qur?n al-Karim, al-Qur?n Digital, 2004. 40 Syaikh Ahmad Syakir, Mukhtasar Tafsir Ibnu Katsir, (Jakarta: Darus Sunnah, 2014), hlm. 298. 28 ayat itu menambah iman mereka karena memang mereka telah mempercayai sebelum dibacakan, sehingga setiap ia mendengarnya, kembali terbuka lebih luas wawasan mereka dan terpancar lebih banyak cahaya ke hati mereka dan kepercayaan itu menghasilkan rasa tenang menghadapi segala sesuatu hingga hasilnya adalah dan kepada Tuhan mereka saja mereka berserah diri.41 Al-Qur??n dapat menambahkan iman kedalam hati seseorang yang mengantarkan pada ketentraman hati, karena mereka telah merasakn manisnya al-Qur??n. Dengan adanya ketenteraman dihati sesorang yang mendengarkan al-Qur??n dengan khusu? hal ini dapat menghindarkan dari kekufuran dan kemaksiatan. Telah dijelaskan di atas bahwa mendengarkan al-Qur??n dapat menambah iman, iman adalah keyakinan kita dengan dibuktikan k ID - digilib23377 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23377/ A1 - LATIF NURKHOLIFAH, NIM. 11530030 Y1 - 2016/11/13/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosesi sima?an jum?at legi dipondok pesantren Ali Maksum Yogyakarta dalam persepektif teori fungsionalis Emile Durkheim. Subjek penelitiannya yaitu beberapa orang yang berhubungan dengan tradisi sima?an Jum?at Legi di Pondok Ali Maksum Krapyak Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Dalam rangka mengumpulkan data peneliti menggunakan, wawancara, observasi dan dokumentasi. Efektifitas tradisi sima?an Jum?at lgi di pondok pesantren Krapyak Yogyakarta dapat diketahui dengan observasi kegiatan antara santri dan para jama?ah sima?an jum?at legi bagaimana cara mereka melakukan kegiatan-kegiatan yang ada pada prosesi sima?an pada jum?at legi. Hasil penelitian diketahui bahwa: 1) pelaksanaan sima?an jum?at legi berjalan dengan baik para santri yang ditugaskan menjadi laden faham apa saja pekerjaan-pekerjaan yang harus mereka lakukan meskipun tidak semua para jama?ah dapat membaca Al-Qur??n dan santri yang ditugaskan menjadi laden tidak sepenuhnya hadir dikarenakan banyak halangan-halangan yang memungkinkan santri tersebut tidak dapat menjadi laden pada Jum?at Legi. 2) sima?an jum?at legi ini dianalisis mnggunakan teori Emile Durkheim tentang fungsionalis dan Jum?at legi banyak kesamaan. Hal pertama tentang Totem bahwa kitab suci al-Qur??n dapat dijdikan Totem bagi umat Islam. Letak persamaan antara Totem dan al-Qur??n adalah benda pusaka kolektif bagi umat Islam, setiap umat Islam mengerti apa yang dikatakan dengan kata ?al-Qur??n? mereka berbondong-bondong mendatangi majelis-majelis yang berhubungan dengan al- Qur??n. Totem ini memunculkan pembagian fungsi yakni munculnya solidaritas mekanik dan solidaritas organik PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Tradisi simaan KW - Ponpes Alik Maksum KW - Krapyak Yogyakarta M1 - skripsi TI - TRADISI SIMA?AN JUM?AT LEGI (STUDI LIVING QUR?AN) PONDOK PESANTREN ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA (MENURUT TEORI FUNGSIONALIS EMILE DURKHEIM) AV - restricted EP - 115 ER -