TY - THES N1 - Muhammad Qowim, M.Ag., ID - digilib23384 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23384/ A1 - PRISDIANA, NIM. 11470133 Y1 - 2016/06/28/ N2 - Penelitian ini berdasarkan dari fenomena korupsi yang menggurita. Adanya pelaku korupsi yang beragama Islam dan berpendidikan tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) mengetahui nilai-nilai pendidikan anti korupsi didalam buku pendidikan Islam; (2) menjelaskan urgensinya pendidikan anti korupsi di dalam pendidikan Islam; (3) menganalisa tinjauan filosofis pendidikan anti korupsi di dalam buku pendidikan Islam; serta (4) menganalisa tinjauan metodologis pendidikan anti korupsi didalam buku pendidikan Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library reseach). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan filosofis. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, maka metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah metode deskriptif-analitik. Hasil penelitian ini adalah; (1) buku mata pelajaran akhlak kelas X memuat nilai-nilai pendidikan anti korupsi diantaranya pengendalian diri, takut kepada Allah (jujur dan amanah), ikhlas, khianat, dan dhalim. (2) pada buku mata pelajaran akhlak kelas XI memuat nilai-nilai pendidikan anti korupsi diantaranya syukur, taat kepada Allah, takut kepada Allah, bekerja keras dan fastabiqul khairat, meneladani Rasulullah SAW dan dusta. (3) pada buku mata pelajaran akhlak kelas XII ini, materi yang memuat nilai-nilai pendidikan anti korupsi diantaranya adil, risywah (sogok dan suap), merampas hak orang lain, saling menasehati dan berbuat baik. Dari ketiga buku tersebut memuat nilai-nilai pendidikan anti korupsi sebagai berikut : Pengendalian diri, Takut kepada Allah (Jujur dan Amanah), Ikhlas, Khianat, Dhalim. Syukur, Taat kepada Allah, Takut Kepada Allah, Bekerja Keras dan Fastabiqul Khairat, Meneladani Rasulullah SAW dan Dusta. Adil, Risywah (Sogok dan Suap), Merampas hak orang lain, Saling Menasehati dan berbuat baik. Relevansi antara nilai-nilai tersebut dengan pendidikan anti korupsi menghasilkan bahwa : (1) pendidikan anti korupsi dengan pendidikan akhlak merupakan hal yang sama. (2) Serta pendidikan anti korupsi yang masih menumpang dalam berbagai macam materi yang berkaitan dengan korupsi. (4) Pendidikan Islam merupakan pendidikan yang mengajarkan pendidikan anti korupsi. Kelebihan dan kekurangan buku ini, (1) banyaknya materi yang bisa diajarkan membuat buku sangat berbobot dan kaya konten. (2) Dengan bahasa yang mudah dipahami dan diperbanyak dengan dalil-dalil Al Qur?an dan hadist-hadist yang relevan. (3) Buku ini tidak secara langsung menjelaskan tentang pendidikan anti korupsi. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Pendidikan Islam KW - Pendidikan Anti Korupsi KW - Akhlak M1 - skripsi TI - PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ANTI KORUPSI ( ANALISIS BUKU MATA PELAJARAN AKHLAK DI SMK ) AV - restricted EP - 154 ER -