@phdthesis{digilib23389, month = {June}, title = {STRATEGI KERJASAMA GURU BK DAN WALI KELAS UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA (STUDI KASUS KELAS VIII MTS N GUBUKRUBUH GUNUNGKIDUL)}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM. 10470068 ISNA KHARIMAH ABSAN}, year = {2016}, note = {Dr. Na?imah, M.Hum}, keywords = {Kerjasama, Guru BK, Wali Kelas, Prestasi.}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23389/}, abstract = {Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui prestasi belajar siswa, upaya guru BK dan wali kelas untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII, serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat kerjasama guru BK dan wali kelas untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII MTs N Gubukrubuh Gunungkidul. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilakukan guna untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena, sikap, persepsi, serta pemikiran yang berhubungan dengan strategi kerjasama guru BK dan wali kelas. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, serta menarik simpulan. Hasil penelitian: (1) prestasi belajar siswa menunjukkan hasil positif. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya berbagai prestasi baik akademik maupun non akademik. (2) Upaya yang dilakukan guru BK dan wali kelas adalah meningkatkan motivasi siswa, meningkatkan kedisiplinan siswa, dan meningkatkan kompetensi siswa. (3) Faktor pendukung kerjasama guru BK dan wali kelas yaitu adanya komunikasi yang efektif, adanya kerjasama yang baik, adanya ruang pertemuan, dukungan kepala sekolah, profesionalisme guru, serta faktor kepercayaan. Sedangkan faktor penghambatnya adanya siswa yang tidak disiplin, belum ada jadwal khusus untuk evaluasi serta koordinasi guru BK dan wali kelas secara efektif, serta sarana dan prasarana yang kurang representatif.} }