%A NIM. 12410081 WENDI SURYA SAPUTRA %O Dr. Sangkot Sirait, M.Ag %T PENGARUH PEMBELAJARAN AKHLAK TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 3 DEPOK SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016 SKRIPSI %X Latar belakang penelitian ini adalah karakter tanggung jawab sangat penting dimiliki oleh siswa. Pembelajaran akhlak mulai dari pelajaran akhlak itu sendiri sampai proses pembelajarannya sangat terkait dengan pembentukan karakter tanggung jawab. Yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah bagaimana Pengaruh pembelajaran akhlak terhadap pembentukan karakter tanggung jawab siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pembelajaran akhlak terhadap pembentukan karakter tanggung jawab siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 3 Depok Sleman Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 3 Depok Sleman tahun pelajaran 2015/2016 sebanyak 120 siswa yang terdiri dari kelas VII B dan VII C dengan jumlah sampel sebanyak 60 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket. Analisis instrumen meliputi analisis validitas dan reliabilitas. Hasil analisis validitas menunjukkan dari 52 butir soal terdapat 49 butir soal terbukti valid, sedang hasil analisis reliabilitas menunjukkan koefisien reliabilitas sebesar 0.758 untuk pembelajaran akhlak dan 0.747 untuk pembentukan karakter tanggung jawab dan dinyatakan reliabel. Analisis data meliputi analisis deskriptif dan analisis korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pembelajaran akhlak siswa berada pada tingkat cukup baik yaitu terletak pada interval 84-87. (2) Pembentukan karakter tanggung jawab siswa SMP Muhammadiyah 3 Depok Sleman tahun pelajaran 2015/2016 berada pada tingkat cukup baik yaitu terletak pada interval 77-82. (3) Ada hubungan yang positif dan signifikan pembelajaran akhlak dengan pembentukan karakter tanggung jawab siswa, semakin baik pelaksanaan pembelajaran akhlak maka semakin baik karakter tanggung jawab siswa. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0,557 sementara rtabel 5% sebesar 0,972 maka dapat disimpulkan Ha diterima dan Ho ditolak. Angka sig. (2-tailed) 0,0000.005 maka Ho ditolak, sehingga bisa dikatakan bahwa hubungan kedua variabel tersebut signifikan antara pembelaran akhlak dengan pembentukan karakter tanggung jawab siswa kelas VII. Adapun kontribusi pembelajarn akhlak terhadap pembentukan karakter siswa adalah sebesar 31,0%. %K Pembelajaran Akhlak, Karakter Tanggung Jawab %D 2016 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib23408