TY - THES N1 - Muhammad Qowim, M.Ag, ID - digilib23426 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23426/ A1 - YAYAN ASLIYAN SYAH, NIM. 09470122 Y1 - 2016/07/18/ N2 - Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan ketertarikan penulis untuk mengetahui Peranan Remaja Masjid Jogokaryan dalam Pendidikan Karakter, setelah diketahui bahwa kampung Jogokaryan kini mengalami perubahan menjadi kampung Islami dengan banyaknya tantangan pada dunia remaja. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tantangan dunia remaja bagi remaja masjid jogokaryan Yogyakarta, program-program masjid untuk menjawab tantangan dunia remaja, partisipasi remaja masjid dalam pembentukan karakter, serta faktor pendukung dan penghambat pendidikan karakter oleh remaja masjid. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, pendekatan yang digunakan adalah pendekatan psikologis. Penelitian ini mengambil latar belakang masjid Jogokaryan. Pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan, wawancara mendalam, observasi serta dokumentasi sebagai penguat. Data yang telah terkumpul dari penelitian ini dianalisa menggunakan analisa deskriptif kualitatif. Analisa data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah dapat ditarik kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah : 1.Tantangan dunia remaja bagi remaja masjid Jogokaryan antara lain: a. Karakter Labil. b. Akrab dengan media sosial yang kadang disalah gunakan. c. Adaptasi dengan lingkungan baru. d. Karakter ekonomi. 2. Program masjid Jogokaryan, antara lain: a. Majelis jejak nabi. b. kajian riyadhus al-shalihin. c. Forum Kajian Malam Selasa. d. Pengajian Malam Rabu. e. Tadarus Al-Qur?an Keliling. f. Kesenian dan Keterampilan. g. Olah Raga. h. Kerja Bakti Sosial Masyarakat, dan. i. Kampung Ramadhan 3. Partisipasi remaja dalam pendidikan karakter antara lain: a. Kedisiplinan mengadakan kegiatan. b. Kepemimpinan yang baik. c. Kerjasama antar pengurus. d. Menjalin hubungan baik dengan remaja dan orangtua. 4. Faktor Penghambat Pendidikan Karakter oleh Remaja Masjid Jogokariyan antara lain: a) Kurangnya sumber daya manusia atau SDM pembina (tenaga kependidikan). b) Faktor keluarga. c) Faktor kurangnya kesadaran. pendidikan. c) Pengaruh Media sosial, yang dapat menghambat proses kegiatan. Sedangkan Faktor Pendukungnya antara lain: a) Adanya komunikasi yang baik. b) Adanya kesadaran dari remaja untuk berubah. c) Pemanfaatan media tekhnologi. d) Adanya sarana dan prasarana yang lengkap. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Peranan remaja masjid KW - Masjid Jogokaryan KW - Pendidikan karakter. M1 - skripsi TI - PERANAN REMAJA MASJID DALAM PENDIDIKAN KARAKTER (STUDI MASJID JOGOKARIYAN YOGYAKARTA) AV - restricted EP - 144 ER -