eprintid: 23428 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 77 dir: disk0/00/02/34/28 datestamp: 2017-01-09 08:52:07 lastmod: 2017-01-09 08:52:07 status_changed: 2017-01-09 08:52:07 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: IWAN AFRIYADI, NIM. 09470118 title: PEMBERDAYAAN ANAK JALANAN MELALUI PENDIDIKAN (STUDI KASUS DI RUMAH SINGGAH ANAK MANDIRI YOGYAKARTA) ispublished: pub subjects: tykpi divisions: jur_kis full_text_status: restricted keywords: Pemberdayaan, Anak Jalanan, Rumah Singgah Anak Mandiri. note: Zainal Arifin, M.Si, abstract: Hak anak-anak jalanan adalah mendapatkan fasilitas pendidikan dari negara, sebagaimana yang tertera dalam UU No. 20 tahun 2003 Pasal 5 ayat 1 bahwa “Setiap warga negara mempunyai hak yang sama untuk memperoleh pendidikan yang bermutu”. Anak jalanan merupakan warga negara Indonesia yang sedang tumbuh dan berkembang, dimana dia membutuhkan pendidikan yang layak bagi kehidupannya di masa sekarang dan di masa depan. Tetapi kelangsungan pendidikan anak-anak jalanan yang ada di Indonesia dapat dikatakan sangat memprihatinkan, pasalnya kehidupan mereka selalu tertekan, dipandang stigmatik, dipinggirkan, bahkan sampai dipandang sampah masyarakat oleh sebagian warga negara Indonesia. Hal ini merupakan fenomena yang sangat merugikan bagi diri mereka, karena pada hakikatnya mereka juga adalah manusia yang telah diciptakan oleh Allah dengan bentuk yang sempurna dan mereka juga dibekali oleh pelbagai potensi yang bisa dimaksimalkan. Oleh karena itu, harus ada alternatif-alternatif untuk menanggulangi hal tersebut, salah satu alternatifnya adalah pemberdayaan anak jalanan melalui rumah singgah. Dala hal ini penulis memilih tempat penelitian di Rumah Singgah Anak Mandiri yang berada di Jalan Perintis Kemerdekaan No. 33 B Umbulharjo, Yogyakarta. Rumah singgah yang berada di bawah naungan yayasan Insan Mandiri ini memiliki beberapa keunggulan, yaitu a) program pengentasan anak jalanan yang berbasis pendampingan dan pendidikan di wilayah kota Yogyakarta melalui Rumah Singgah Anak Mandiri Yogyakarta (RSAM); b) rumah singgah ini bekerjasama dengan Kementerian Sosial dan UNDP; c) keberhasilan RSAM dalam mengembalikan para anak jalanan ke dalam pendidikan formal. Adapun tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui pelaksanaan pemberdayaan yang dilakukan oleh Rumah Singgah Anak Mandiri Yogyakarta terhadap anak jalanan; 2) untuk mengetahui pandangan Islam terhadap pemberdayaan anak jalanan yang dilakukan di Rumah Singgah Anak Mandiri Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui jalannya proses pendampingan dan pemberdayaan yang dilakuan oleh rumah singgah Anak Mandiri Yogyakarta terhadapa anak jalanan. Sedangkan pengumpulan data dalam skripsi ini memakai tiga metode, yaitu 1) metode dokumentasi; 2) metode Interview (Wawancara); 3) metode observasi. Adapun langkah analisis data meliputi 1) pengumpulan data; 2) reduksi data; 3) penyajian data; 4) kesimpulan. Uji keabsahan memakai triangulasi. Hasil penelitian yang penulis lakukan adalah 1) pemberdayaan yang dilakukan oleh Rumah Singgah Anak Mandiri adalah melalui alternatif pendidikan, yaitu pendidikan formal dan nonformal; 2) Pemberdayaan yang dilakukan oleh Rumah Singgah Anak Mandiri sesuai dengan prinsip Islam, yaitu prinsip tolong-menolong, musyawarah, dan pemerataan pendidikan bagi anak jalanan. date: 2016-08-18 date_type: published pages: 99 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: IWAN AFRIYADI, NIM. 09470118 (2016) PEMBERDAYAAN ANAK JALANAN MELALUI PENDIDIKAN (STUDI KASUS DI RUMAH SINGGAH ANAK MANDIRI YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23428/1/09470118_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23428/2/09470118_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf