%0 Thesis %9 Skripsi %A DIAH TRI KUMALASARI, NIM. 12820080 %B Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam %D 2016 %F digilib:23448 %I UIN Sunan Kalijaga %K Pengetahuan santri, Persepsi Santri, Perbankan Syariah, Produk Menabung, Bank Syariah. %P 113 %T PENGARUH PENGETAHUAN DAN PERSEPSI SANTRI TENTANG PERBANKAN SYARIAH TERHADAP NIAT MENGGUNAKAN PRODUK BANK SYARIAH DI YOGYAKARTA (Studi Kasus di Pondok Pesantren Al-Luqmaniyyah Yogyakarta) %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23448/ %X Perbankan syariah adalah Islamic Banking yang mempunyai fungsi utama yaitu menghimpun dana masyarakat dan menyalurkan kembali kepada masyarakat yang membutuhkan. Bank syariah merupakan lembaga keuangan yang operasionalnya dan produknya dikembangkan berlandaskan Al-Quran dan Hadits. Promosi produk bank syariah kini sudah memasuki wilayah luas.Namun masih jarang promosi perbankan syariah memasuki lingkungan para santri yang banyak mempelajari ilmu agama yang relevan dengan tujuan perbankan syariah yang merubah pola pikir masyarakat dalam memandang bank syariah. Di sisi lain, santri belum mengetahui secara rinci terkait pengetahuan produk bank syariah. Untuk itu pengetahuan dan persepsi sangat berpengaruh terhadap niat menggunakan produk bank syariah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh, pengetahuan dan persepsi santri tentang perbankan syariah terhadap niat menggunakan produk menabung bank syariah. Teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan metode purposive sampling.Jenis penelitian ini adalah kuantitatif yaitu data yang digunakan dalam penelitian berupa angka-angka dan seluruh data dianalisis dengan menggunakan sofware SPSS 16.0 for windows. Sampel dari penelitian ini adalah santri putra dan putri Pondok Pesantren Al- Luqmaniyyah Yogyakarta yang berjumlah 100 responden.Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linear berganda. Penelitian ini menggunakan data primer, yaitu mengumpulkan data dengan cara membagikan kuisioner. Adapun variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengetahuan santri dan persepsi santri tentang bank syariah. Sedangkan niat santri menggunakan produk menabung bank syariah di Yogyakarta merupakan variabel dependen. Hasil penelitian ini menunjukan hasil uji F, bahwa model berpengaruh signifikan, yaitu niat santri menggunakan prodak menabung bank syariah di Yogyakarta dipengaruhi oleh pengetahuan dan persepsi santri tentang bank syariah. Hasil uji parsial menunjukkan bahwa variabel independen yang terdiri dari pengetahuan dan persepsi santri tentang perbankan syariah berpengaruh positif signifikan terhadap niat santri menggunakan produk menabung bank syariah. Kata Kunci : Pengetahuan santri, Persepsi Santri, Perbankan Syariah, Produk Menabung, Bank Syariah. %Z Dr. Ahmad Bunyan Wahib, M.Ag.,MA