eprintid: 23450 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 77 dir: disk0/00/02/34/50 datestamp: 2017-01-10 04:20:34 lastmod: 2017-01-10 04:20:34 status_changed: 2017-01-10 04:20:34 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: MUHAMMAD ZUL IMAN, NIM. 09470011 title: PENDIDIKAN KRITIS DALAM PELATIHAN KADER DASAR TERHADAP KADER PMII RAYON FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA PERIODE 2015-2016 ispublished: pub subjects: tykpi divisions: jur_kis full_text_status: restricted keywords: pendidikankritis, kesadarankritis, pelatihankaderdasar note: Muhammad Qowim, S. Ag, M. Ag. abstract: Pendidikan kritis menjadi tema penting dalam pelaksanaan Pelatihan Kader Dasar (PKD) PMII Rayon Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Urgensi pendidikan kritis pada PKD ditujukan untuk membentuk kesadaran kritis mahasiswa sebagai agent of changes. Salah satu pemikiran kritis tokoh pendidikan yang diangkat dalam pelatihan kader yaitu Paulo Freire. Penelitian ini mengkaji bagaimana materi pendidikan kritis yang ada di PKD serta bagaimana membentuk kader PMII menjadi mahasiswa yang kritis dalam menanggapi masalah pendidikan yang ada di Indonesia. Rumusan masalah penelitian ini meliputi: 1) Bagaimanakah materi pendidikan kritis PKD PMII Rayon Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta tahun 2015. 2)Bagaimanakah praktik pendidikan kritis terhadap kader PMII dalam PKD PMII Rayon Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta tahun 2015?. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul kemudian dilakukan analisis data. Langkah analisis data adalah data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), danconclution (penarikankesimpulan). Hasil penelitian meliputi: (1)Pelatihan Kader Dasar PMII 2015 memasukkan materi pendidikan kritis sebagai bahan kajian. Landasan materi pendidikan kritis PMII mengacu pada konsep pendidikan dan gagasan Paulo Freire, yakni pendidikan kritis dan kesadaran masyarakat guna menciptakan transformasisosial. (2) Pelaksanaan materi pendidikan kritis di PKD melalui sejumlah metode yaitu penyampaian isi materi, tanya jawab, diskusi, studi kasus dan brainstorming. Tahapan-tahapan itu dimaksudkan agar peserta PKD mampu memahami materi pendidikan kritis serta terbangun kesadarannya bagaimana mestinya pendidikan menjalankan perannya di tengah-tengah kehidupan masyarakat. (3) Sumbangan PMII bagi kader berupa kesadaran kritis peserta PKD adalah subjek yang memiliki kemampuan untuk secara aktif mencari, mengolah, mengkonstruksi, dan menggunakan pengetahuan. Pembelajaran harus berkenaan dengan kesempatan yang diberikan kepada peserta didik untuk mengkonstruksi pengetahuan yang lebih kepada ketimpangan dan ketidakadilan yang terjadi di masyarakat. date: 2016-06-30 date_type: published pages: 133 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: MUHAMMAD ZUL IMAN, NIM. 09470011 (2016) PENDIDIKAN KRITIS DALAM PELATIHAN KADER DASAR TERHADAP KADER PMII RAYON FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA PERIODE 2015-2016. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23450/1/09470011_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23450/2/09470011_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf