TY - THES N1 - Lisnawati, S.Psi., M.Psi ID - digilib23455 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23455/ A1 - Fathimatuzzahra, NIM. 09710026 Y1 - 2016/06/30/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap penurunan perilaku bullying pada siswa kelas V SD ?X? di Yogyakarta. Hipotesis yang diajukan adalah ada perbedaaan perilaku bullying sebelum dan sesudah dilakukannya layanan bimbingan kelompok. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V berusia 11-13 tahun dan memiliki skor perilaku bullying dari sedang sampai tinggi. Pengukuran dilakukan dengan menggunakan skala bullying yang disusun berdasarkan teori dari Astuti (2008). Metode yang digunakan adalah One Group Pretest and Posttest Design. Analisis data menggunakan non parametic dengan dengan teknik Wilcoxon, diperoleh nilai Z = -8.074 dengan p sebesar 0.00 (p>0.05) setlah dilakukan posttest, dan Z = -5.269 dengan p sebesar 0.00 (p>0.05) setelah follow up. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada perbedaan skor sebelum dan sesudah dilakukkannya layanan bimbingan kelompok. Dengan demikian hipotesis dalam penelitian ini diterima, sehingga layanan bimbingan kelompok ini memberi pengaruh dalam menurunkan perilaku bullying pada siswa. Kata kunci : Perilaku Bullying, Layanan Bimbingan Kelompok, Siswa Kelas V PB - UIN Sunan Kalijaga KW - Perilaku Bullying KW - Layanan Bimbingan Kelompok KW - Siswa Kelas V M1 - skripsi TI - Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Penurunan Perilaku Bullying pada SiswaKelas V SD ?X? di Yogyakarta AV - restricted EP - 158 ER -