eprintid: 2351 rev_number: 17 eprint_status: archive userid: 82 dir: disk0/00/00/23/51 datestamp: 2012-08-13 09:46:13 lastmod: 2017-03-15 02:47:37 status_changed: 2012-05-04 16:42:30 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: ENDRI WIBOWO - NIM. 04471184-03, title: PERAN KEPALA MADRASAH SEBAGAI SUPERVISOR PENDIDIKAN DALAM MENIGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PAI DI MTs NEGERI PAKEM SLEMAN YOGYARTA ispublished: pub subjects: tykpi divisions: jur_kis full_text_status: restricted keywords: Supervisor,Kompetensi, Pedagogik, Guru, Pendidikan Agama Islam note: Pembimbing : Dra. Wiji Hidayati, M.Ag, abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap tentang bagaimana kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru PAI, selain itu juga mengungkap permasalahan apa saja yang dihadapi kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru PAI serta cara penyelesaian masalahnya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil lokasi di MTs Negeri Pakem Sleman Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan (observasi), wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Upaya kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru PAI yaitu meningkatkan pengetahuan guru, memberikan kesempatan luas bagi para guru untuk mengktualisasikan diri dalam berbagai kegiatan, workshop atau lokakarya, mengirimkan guru-guru Pai untuk mengikuti Diklat, memberikan penilaian-penilaian, melaukan supervisi dan mengadakan seminar. (2) Permasalahan yang dihadapi kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru PAI dan cara penyelesaiannya. (a) Terbatasnya referensi yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran. Untuk mengatasi terbatasnya referensi yang digunakan oleh guru PAI kepala sekolah menganggarkan dana sebesar 0,5 % dari dana yang dimiliki oleh sekolah setiap bulannya setelah terkumpul dalam waktu 2 smester kemudian barulah dibelanjakan. (b) Sarana dan Prasarana yang kurang memadai.Kepala sekolah melakukan penambahan sarana dan prasarana secara bertahap dengan memprioritaskan sarana yang paling sering dibutuhkan guna terlaksananya pelaksanaan pembinaan yang ada di MTs N Pakem.(c) Kemampuan dasar guru yang sifatnya heterogen. Kepala madrasah mengadakan pengarahan serta bimbingan secara rutin dalam bentuk rapat atau diskusi kecil setiap 2 minggu sekali setiap hari senin stelah upacara bendera guna menambah pengetahuan bagi guru. (d) Kurangnya kerja sama yang baik diantara guru PAI. kepala sekolah menyelenggarakan rapat rutin setiap 4 minggu sekali setiap awal bulan yang membahas tentang hal-hal yang berkaitan dengan kemajuan sekolah atau program-program sekolah. Selain itu kepala madrasah juga mengadakan pengajian rutin satu bulan sekali hal itu dilakukan untuk meningkatkan rasa persaudaraan antara guru dengan kepala madrasah dan antara guru dengan guru dan karyawan. (e)Terbatasnya dana yang tersedia. Untuk mengantisipasi defisitnya persediaan dana, maka kepala madrasah mengupayakan agar anggaran dana setiap kegiatan diperkecil atau diminimalisir dengan catatan tidak menghambat pelaksanaan program tersebut. date: 2009-05-27 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: Fakultas Tarbiyah thesis_type: skripsi thesis_name: other refereed: TRUE referencetext: update terakhir : 2009-05-27 11:19:17 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--endriwibow-2054-1-endriwi-i.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/42/digilib-uinsuka--endriwibow-2054-1-endriwi-i.pdf ; url download server lama : /download.php?id=2428 ; nama file lama : ENDRI WIBOWO 04471184-03 PERAN KEPALA MADRASAH SEBAGAI SUPERVISOR PENDIDIKAN DALAM MENIGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PAI DI.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 1340899 Kb. penulis : ; Copyright 2009 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: ENDRI WIBOWO - NIM. 04471184-03, (2009) PERAN KEPALA MADRASAH SEBAGAI SUPERVISOR PENDIDIKAN DALAM MENIGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PAI DI MTs NEGERI PAKEM SLEMAN YOGYARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2351/1/BAB%20I%2C%20IV%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2351/2/BAB%20II%2C%20III%2C%20IV.pdf