eprintid: 23515 rev_number: 12 eprint_status: archive userid: 6 dir: disk0/00/02/35/15 datestamp: 2017-01-17 02:17:05 lastmod: 2017-01-23 01:12:24 status_changed: 2017-01-23 01:12:24 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Gazali Husin Renngiwur, NIM: 1420410110 title: ANALISIS MANAJEMEN IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 di MTs NEGERI YOGYAKARTA II ispublished: pub subjects: pen_isl divisions: pps_pai full_text_status: restricted keywords: Manajemen, Implementasi, Kurikulum 2013. note: Dr. Imam Machali, M.Pd abstract: Gazali Husin Renngiwur, S.Pd.I (Nim.1420410110)., Analisis Manajemen Implementasi Kurikulum 2013 Di Mts Negeri Yogyakarta II. Konsentrasi Manajemen Dan Kebijakan Pendidikan Islam, Program Studi Pendidikan Islam, Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui proses implementasi manajemen Kurikulum 2013 di MTs Negeri Yogyakarta II, mengetahui dampak dari implementasi manajemen Kurikulum 2013 di MTs Negeri Yogyakarta II, dan mengetahui factor penghambat dan solusi dalam implementasi manajemen Kurikulum 2013 di MTs Negeri Yogyakarta II. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), dengan menggunakan metode kualitatif. Sedangkan jenis penelitian menggunakan teori grounded, dengan pendekatan deskriptif kualitatif, sumber data yang digunakan berupa gambar dan kata-kata, tekinik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara mendalam, kemudian analisis data dilakukan menggunakan konsep Miles and Huberman yaitu data reduction, data display, dan conlusion draawing and verification. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen implementasi Kurikulum 2013 di MTs Negeri Yogyakarta II bahwa: pertama, implementasi Kurikulum 2013 di MTs Negeri Yogyakarta II telah berjalan baik dengan menggunakan pendekatan manajemen yaitu mulai dari tahap perencanaan, tahap pengorganisasian, tahap pengawasan, sampai pada tahap evaluasi. Kedua, kurangnya pelatihan kepada guru sehingga implementasi Kurikulum 2013 memiliki dampak terhadap kemampuan guru dalam menyusun rencana pembelajaran, melaksanakan pembelajaran dan melakukan penilian authentic, perubahan yang terjadi pada Kurikulum 2013 menambah beban belajar siswa sehingga para siswa dan orang tua mengeluhkan banyaknya tugas yang dikerjakan oleh siswa baik dirumah dan disekolah. Dampak lainnya yang terjadi, keterlambatan buku dan aplikasi penilaian. Ketiga, dampak negatif dari implementasi kurikulum menjadi faktor penghambat implementasi Kurikulum 2013 di MTs Negeri Yogyakarta II, faktor penghambat diantaranya; kurangnya pemahaman (mindset), masih ada guru yang belum sepenuhnya mampu menyusun rencana pembelajaran meliputi, menentukan pendekatan, metode, strategi, dan teknik pembelajaran. Desain pembelajaran masih berpusat pada guru. kurangnya kemampuan melakukan penilaian pada Kurikulum 2013, mulai dari ruang lingkup, mekanisme, bentuk instrumen, sampai pada pelaporannya.Solusinya kegiatan bimbingan teknis terfokus pada kesiapan instrumental input (guru), indikatornya ada tiga yakni mempersiapkan instrumental input dari sisi dimensi pemahaman, kemampuan dan motivasi. Dalam perencanaan ini semua guru menjadi sasaran pelatihan untuk mendapatkan bimbingan yang materinya meliputi pengembangan silabus, RPP dan penilaian, diharapkan melalui perencanaan ini guru dapat melaksanakan komponen pembelajaran yang terdiri dari mendesain, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran dengan baik. Kata Kunci: Manajemen, Implementasi, Kurikulum 2013. date: 2016-08-08 date_type: published pages: 151 institution: UIN Sunan Kalijaga department: Pascasarjana thesis_type: masters thesis_name: other citation: Gazali Husin Renngiwur, NIM: 1420410110 (2016) ANALISIS MANAJEMEN IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 di MTs NEGERI YOGYAKARTA II. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23515/1/1420410110_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23515/2/1420410110_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf