TY  - THES
N1  - Dr. Casmini, M.Si.
ID  - digilib23518
UR  - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23518/
A1  - RITANINGSIH SUDJOKO, NIM : 1420410131
Y1  - 2016/08/25/
N2  - Penelit ian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) pelaksanaan layanan
bimbingan dan konseling yang dilaksanakan di MTsN Wonokromo. (2)
Relevansi layanan bimbingan konseling dengan konsep school well being.
(3) Kontribusi layanan bimbingan konseling dalam pengembangan school
well being.
Penelit ian ini menggunakan pendekatan penelit ian kualitat if
deskript if. Lokasi penelit ian adalah MTsN Wonokromo Bantul,
Yogyakarta. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan
sumber data sekunder. Tehnik pengumpulan data bersifat triangulasi yaitu
gabungan dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data
menggunakan analisis kualitat if dengan tahapan, reduksi data, display data
dan verikikasi data.
Hasil penelit ian menunjukkan bahwa : (1) layanan bimbingan
konseling merupakan bentuk realisasi dari rencana program bimbingan
konseling. program bimbingan konseling disusun berdasarkan hasil
assesment kebutuhan siswa di sekolah. Jenis layanan bimbingan konseling
yang diterapkan di MTsN Wonokromo adalah layanan orientasi, layanan
informasi, layanan penempatan dan penyaluran, layanan penguasaan
konten, layanan konseling individu,layanan konseling kelompok,layanan
bimbingan kelompok, layanan mediasi dan layanan konsultasi. Dominasi
pemberian layanan terletak pada layanan konseling individual, layanan
konseling kelompok dan layanan bimbingan kelompok (2) relevansi
layanan bimbingan konseling dengan pengembangan school well being
terletak pada kesesuaian tujuan dan fungsi dari tiap-tiap layanan
bimbingan konseling dengan aspek yang ingin dicapai dalam school well
being, sehingga materi layanan yang disampaikan adalah merupakan
kebutuhan siswa di sekolah (3) kontribusi layanan bimbingan konseling
dalam pengembangan school well being terdapat dalam bentuk jenis
layanan yang diberikan, tujuan dan fungsi tiap-tiap layanan, sarana dan
prasarana layanan bimbingan dan kompetensi guru pembimbing itu
sendiri. diharapkan guru pembimbing di MTsN Wonokromo mampu
memberikan layanan bimbingan konseling kepada siswa secara profesional
dan sesuai dengan kebutuhkan siswa agar mampu memberikan pelayanan
terbaik kepada mereka sehingga derajat penilaian mereka terhadap sekolah
menjadi baik dan posit if. Layanan bimbingan konseling juga perlu
menjalin kerjasama dengan pihak lain yang ada di sekolah agar tercipta
kerjasama yang posit if dan bernilai bagi pelaksanaan layanan bimbingan
konseling.
PB  - UIN Sunan Kalijaga
KW  - BK
KW  -  bimbingan konseling
M1  - masters
TI  - KONTRIBUSI LAYANAN BIMBINGAN KONSELING
DALAM PENGEMBANGAN SCHOOL WELL BEING
DI MTsN WONOKROMO
AV  - restricted
ER  -