eprintid: 23524 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 6 dir: disk0/00/02/35/24 datestamp: 2017-01-17 06:27:58 lastmod: 2017-01-17 06:27:59 status_changed: 2017-01-17 06:27:58 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Nur Azkia, NIM: 1420410154 title: KURIKULUM BAHASA ARAB DI PONDOK PESANTREN AL-AMIEN PRENDUAN SUMENEP MADURA (STUDI KASUS DI PONDOK PESANTREN AL-AMIEN PRENDUAN SUMENEP MADURA) ispublished: pub subjects: pen_isl divisions: pps_pai full_text_status: restricted keywords: perencanaan, pelaksanaan, evaluasi abstract: NUR AZKIA. Kurikulum Bahasa Arab di Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan Sumenep Madura (Studi Kasus Di Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan Sumenep Madura), Tesis, Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016. Kurikulum bahasa Asing adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran bahasa Asing untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Meskipun telah berbagai macam kurikulum yang silih berganti, kurikulum bahasa Arab di Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan masih menggunakan Kurikulum Bahasa Arab yang mengikuti kurikulum Gontor. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan apa saja perencanaan yang dilakukan oleh Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan dalam merealisasikan terlaksananya kurikulum bahasa Arab, evaluasi apa saja yang dilakukan untuk melihat sejauh mana tingkat keberhasilan yang dicapai. Penelitian ini merupakan jenis field research (penelitian lapangan) yang bersifat deskriptif yang menggunakan metode penelitian kualitatif. Dalam penelitian, menggunakan beberapa tehnik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk analisis data peneliti menggunakan model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, display data dan conclusion drawing/verification. Dari hasil penelitian diketahui bahwasanya perencanaan yang dilakukan di Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan Sumenep Madura adalah a) Membuat Agenda Kegiatan, b) Membuat Blueprint Daftar Pengajar, c) Membuat Silabus, d) Menysusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Sedangkan Pelaksanaan Kuirkulum Bahasa Arab di Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan terdiri dari: a) tujuan pembelajaran bahasa Arab, b) materi pembelajajan bahasa Arab, c) pendekatan, metode dan strategi pembelajaran bahasa Arab, d) Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab. Evaluasi kurikulum kurikulum bahasa Arab, Meliputi: a) Evaluasi Terhadap Keterampilan Berbahasa Yang Meliputi Empat Keterampilan Yaitu Mendengar, Berbicara, Membaca Dan Menulis, b) Evaluasi Terhadap Materi, c) Evaluasi Terhadap Metode Pembelajaran, d) Evaluasi Terhadap Lingkungan Bahasa, e) Evaluasi Kemampuan Penguasaan Guru Terhadap Materi Pelajaran Bahasa Arab, f) Evaluasi Terhadap Kemampuan Penguasaan Metode, Media dan Sumber Belajar, g) Evaluasi Terhadap Guru Bahasa Arab Sebagai Pelaksana Kurikulum. Kata kunci: perencanaan, pelaksanaan, evaluasi date: 2016-08-18 date_type: published pages: 173 institution: UIN Sunan Kalijaga department: Pascasarjana thesis_type: masters thesis_name: other citation: Nur Azkia, NIM: 1420410154 (2016) KURIKULUM BAHASA ARAB DI PONDOK PESANTREN AL-AMIEN PRENDUAN SUMENEP MADURA (STUDI KASUS DI PONDOK PESANTREN AL-AMIEN PRENDUAN SUMENEP MADURA). Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23524/1/1420410154_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23524/2/1420410154_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf