@mastersthesis{digilib23529, month = {July}, title = {HASIL BELAJAR KEMAHIRAN KALAM SISWA PROGRAM EKSTRAKURIKULER DAN NON EKSTRAKURIKULER MUH{\=A}DATSAH (Studi Komparasi di MAN Gondangrejo Tahun Ajaran 2015/2016)}, school = {UIN Sunan Kalijaga}, author = {NIM: 1420410185 Neylil Khasna? Faizah}, year = {2016}, note = {Dr. Hj. Sri Sumarni, M.Pd}, keywords = {Hasil Belajar Kemahiran Kal{\=a}m, Muh{\=a}datsah}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23529/}, abstract = {Neylil Khasna? Faizah, Hasil Belajar Kemahiran Kal{\=a}m Siswa Program Ekstrakurikuler dan Non Ekstrakurikuler Muh{\=a}datsah (Studi Komparasi di MAN Gondangrejo Tahun Ajaran 2015/2016) Tesis, Yogyakarta: Program Pasca Sarjana, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data hasil belajar kemahiran Kal{\=a}m Siswa Program Ekstrakurikuler dan Non Ekstrakurikuler Muh{\=a}datsah dan untuk mengetahui efektivitas program Ekstrakurikuler Muh{\=a}datsah dengan mengkomparasikan hasil belajar siswa yang mengikuti program Ekstrakurikuler Muh{\=a}datsah dan yang tidak mengikuti program Ekstrakurikuler Muh{\=a}datsah. Jenis penelitian ini adalah penelitian Kuantitatif Komparatif dengan menggunakan model penelitian Expose Facto. Subjek penelitian adalah guru esktra Muh{\=a}datsah MAN Gondangrejo Karanganyar berjumlah 1 orang, siswa kelas X program esktra Muh{\=a}datsah dan non esktra Muh{\=a}datsah MAN Gondangrejo berjumlah 50 siswa. Data diperoleh menggunakan observasi, wawancara, dan tes untuk membandingkan hasil belajar kemahiran kal{\=a}m siswa terhadap siswa yang mengikuti program Ekstrakurikuler Muh{\=a}datsah. Data dianalisis dengan analisis Deskriptif Kualiatif dan Komparatif Kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Hasil belajar kemahiran Kal{\=a}m pada siswa kelas X yang mengikuti program ekstrakurikuler Muh{\=a}datsah di MAN Gondangrejo Karanganyar tahun ajaran 2015/2016 dengan kategori sangat rendah prosentasenya sebanyak 4\%, kategori rendah prosentasenya sebanyak 8\%, kategori cukup prosentasenya sebanyak 20\%, kategori tinggi prosentasenya sebanyak 40\%, dan kategori sangat tinggi prosentasenya sebanyak 28\%. Diperoleh rata-rata (mean) dari nilai siswa kelas X yang mengikuti program ekstrakurikuler Muh{\=a}datsah di MAN Gondangrejo sebesar 91,72 termasuk dalam nilai kemahiran Kal{\=a}m dengan kategori tinggi. Sedangkan hasil belajar kemahiran Kal{\=a}m pada siswa kelas X yang tidak mengikuti program ekstrakurikuler Muh{\=a}datsah dengan kategori sangat rendah prosentasenya sebanyak 4\%, kategori rendah prosentasenya sebanyak 28\%, kategori cukup prosentasenya sebanyak 16\%, kategori tinggi prosentasenya sebanyak 36\%, dan kategori sangat tinggi prosentasenya sebanyak 16\%. Diperoleh rata-rata (mean) dari nilai siswa kelas X yang mengikuti program ekstrakurikuler Muh{\=a}datsah di MAN Gondangrejo sebesar 81,76 termasuk dalam nilai kemahiran Kal{\=a}m dengan kategori cukup. 2) Adanya perbedaan hasil belajar kemahiran Kal{\=a}m yang signifikan antara siswa yang mengikuti program Ekstrakurikuler dan non Ekstrakurikuler Muh{\=a}datsah di MAN Gondangrejo Karanganyar. Hal ini berdasarkan hasil analisis Uji Beda Mean dan pengujian hipotesis yang menggunakan Independent Sample t-Test yang diperoleh dari kedua kelas yaitu kelas esktra Muh{\=a}datsah dan non esktra Muh{\=a}datsah. Hasil analisis Uji Beda Mean menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas esktra Muh{\=a}datsah lebih besar dari pada kelas non esktra Muh{\=a}datsah, yaitu 91,72 dan 81,56, dengan selisih rata-rata sebesar 10,16. Dan hasil pengujian hipotesis yang menggunakan Independent Sample t-Test diperoleh thitung sebesar 8,086 lebih besar dari t tabel yaitu 0,679 (8,086 {\ensuremath{>}} 0,679) dengan taraf signifikan 5\%. Hasil ini menunjukkan bahwa program Ekstrakurikuler Muh{\=a}datsah adalah program yang efektif untuk meningkatkan kemahiran Kal{\=a}m siswa. Kata kunci: Hasil Belajar Kemahiran Kal{\=a}m, Muh{\=a}datsah} }