@phdthesis{digilib2358, month = {May}, title = {KORELASI ANTARA KECERDASAN EMOSI DENGAN PRESTASI BELAJAR PAI DI SDN MERGOLANGU KALIBAWANG WONOSOBO}, school = {UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta}, author = { FATIMATUZAHRO - NIM. 04410813}, year = {2009}, note = {Pembimbing : Drs. Ichsan, M.Pd.,}, keywords = {Korelasi, Kecerdasan, Emosi, Prestasi, Belajar, Pendidikan Agama Islam}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2358/}, abstract = {Selama ini banyak orang yang berpendapat bahwa untuk meraih prestasi belajar yang tinggi diperlukan Kecerdasan Intelektual (IQ) yang juga tinggi. Namun, menurut hasil penelitian terbaru dibidang psikologi membuktikan bahwa IQ bukanlah satu-satunya faktor yang mempengaruhi prestasi belajar seseorang, tetapi ada banyak faktor lain yang mempengaruhi salah satunya adalah kecerdasan emosional. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap ada tidaknya Korelasi antara kecerdasan emosi dengan Prestasi Belajar PAI di SDN Mergolangu Kalibawang Wonosobo. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN Mergolangu Kalibawang Wonosobo tahun pelajaran 2007/2008 sebanyak 28 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket untuk kecerdasan emosi sedangkan untuk prestasi belajar menggunakan tes prestasi. Analisis instrumen meliputi analisis validitas dan reliabilitas. Hasil analisis validitas angket kecerdasan emosi menunjukkan dari 25 butir angket terdapat 22 butir terbukti valid, sedangkan hasil analisis reliabilitas sebesar 0,769 dan dinyatakan reliabel. Sedangkan hasil analisis tes prestasi menunjukkan dari 25 butir tes prestasi 21 butir terbukti valid, sedang hasil analisis reliabilitas sebesar 0,956 dan dinyatakan reliabel. Analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi product moment. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) kecerdasan emosi siswa kelas VI SDN Mergolangu Kalibawang Wonosobo dengan pembelajarn PAI dapat dikatakan cukup baik. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata sebesar 70,25. Hal ini berarti bahwa secara mayoritas kecerdasan emosi siswa kelas VI SDN Mergolangu Kalibawang Wonosobo memiliki kecerdasan emosi yang positif dalam proses pembelajaran PAI. 2) Tingkat prestasi belajar PAI siswa kelas VI SDN Mergolangu Kalibawang wonosobo sudah cukup baik. Hal ini bisa ditunjukan dengan nilai rata-rata sebesar 74,11. Hal ini berarti bahwa secara mayoritas, prestasi belajar siswa kelas VI SDN Mergolangu Kalibawang Wonosobo termasuk kedalam kategori tinggi dan telah memiliki kriteria keberhasilan pengajaran PAI. 3) Korelasi (hubungan) antara kecerdasan emosi siswa dengan prestasi belajar PAI siswa kelas VI SDN Mergolangu Kalibawang Wonosobo ternyata memiliki korelasi positif, dalam hal ini indeks korelasi rxy menunjukan angka sebesar 0,794. Dengan demikian tinggi rendahnya prestasi belajar PAI kuat korelasinya dengan tinggi rendahnya kecerdasan emosi siswa terhadap pembelajaran PAI. } }