%A Fatma Noor Baity - NIM. 03420302 %O Pembimbing : Drs. Nazri Syakur, M.A, %T BIMBINGAN MUHADATSAH DI ISLAMIC BOARDING SCHOOL BINA UMAT YOGYAKARTA %X ABSTRAK Penelitian ini dilakukan berdasar pada sedikitnya pesantren yang ada di wilayah Yogyakarta dalam menerapkan Muhadatsah (percakapan bahasa Arab). Bimbingan Muhadatsah merupakan salah satu metode belajar bahasa yang dilakukan Islamic Boarding School ( Pondok Pesantren Modern ) Bina Umat Yogyakarta untuk membantu siswa-siswinya agar bisa berbicara bahasa Arab. Permasalahan yang akan menjadi fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana pelaksanaan Bimbingan Muhadatsah kepada siswa-siswi di Islamic Boarding School Bina Umat Yogyakarta? (2) Apa faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan Muhadatsah di Islamic Boarding School Bina Umat Yogyakarta? Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan bahwa pelaksanaan Bimbingan Muhadatsah merupakan metode belajar bahasa di Islamic Boarding School Bina Umat Yogyakarta, dan mengetahui faktor penghambat dan pendukungnya. Hasil penelitian ini diharapkan mampu memberikan masukan kepada para guru bahasa Arab dan siswa-siswinya agar dalam pelajaran bahasa Arab dapat menerapkan percakapan bahasa Arab (Muhadatsah). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar Islamic Boarding School Bina Umat Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah memberikan interpretasi dengan menggunakan pemikiran induksi. Pemikiran induksi merupakan pemikiran yang berangkat dari fakta-fakta khusus yang kemudian dari fakta tersebut ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Proses pelaksanaan Muhadatsah dua kali perpekan setiap pagi hari. (2) Adanya pembentukan kelompok yang disesuaikan dengan masing-masing kelas dalam pengajaran Muhadatsah. (3) diterapkannya kewajiban untuk dapat bercakap-cakap dengan bahasa Arab di Islamic Boarding School Bina Umat, baik itu Musyrif maupun Musyrifah dengan siswa-siswi, siswa dengan siswa ataupun siswi dengan siswi. (4) Fungsi Muhadatsah yaitu membiasakan siswa-siswi dan Musyrif maupun Musyrifah untuk selalu bercakap-cakap dengan bahasa Arab dan bertujuan untuk dapat berkomunikasi dan memahami buku-buku yang beragama Islam selain Al-Qur’an dan hadits. (5) Berhasil dan tidaknya sebuah proses pendidikan dalam mewujudkan cita-cita tidak akan terlepas dari beberapa faktor pendukung dan penghambat. Faktor pendukung dalam proses pelaksanaan Muhadatsah adalah kedisiplinan siswa-siswi dalam pengajaran Muhadatsah dan peran Musyrif maupun Musyrifah baik itu mengenai motivasi, metode pengajaran dan sebagainya. Adapun faktor penghambatnya dipengaruhi oleh tiga elemen yaitu diantaranya dari siswa adanya latar belakang pendidikan yang berbeda. Dari Musyrif maupun Musyrifah kadang kurang jelas dalam menyampaikan kosa-kata atau kalimat yang baru. Kemudian dari fasilitas yang belum lengkap dan kurangnya media pembelajarannya. %K Bimbingan, Muhadatsah, Islamic Boarding Shool, Bina Umat %D 2009 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %L digilib2360