<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "MEKANISME GANTI RUGI DI PASAR SENI NADZAR MALIOBORO(PERSPEKTIF NORMATIF, YURIDIS DAN SOSIOLOGI HUKUM ISLAM)"^^ . "Yogyakarta adalah kota tujuan wisata yang menampung banyak orang\r\nbaik dari kalangan pelajar maupun masyarakat umum yang berasal dari luar\r\nkota maupun luar negeri sekalipun, yang mana sebagian besar bermaksud\r\nuntuk berwisata melihat keindahan kota yogyakarta beserta destinasi wisata\r\nalam maupun wisata belanja. Sebagai kawaan wisata,Malioboro menawarkan\r\nberagam kuliner maupun cinderamata serta tempat berbelanja yang nyaman\r\ndan banyak pilihannya. Dari sekian banyak pusat belanja, adanya beberapa\r\nyang mempunyai kebijakan tersendiri, dimana pengelola toko souvenir\r\nmemberlakukan klausulbaku secara tersendiri. Misalnya pada bagian etalase\r\ntempat dipajangnya kerajian-kerajian terdapat ketentuan “memecahkan\r\nberarti membeli”. Hal ini menarik bagi penulis untuk meneliti kebijakan\r\ntersebut dengan sudut pandang normmatif, yuridis dan sosiolgi hukum Islam.\r\nPenelitian ini berbentuk penelitian lapangan (field research). Subjek\r\npenelitiannya adalah pengelola pusat belanja konsumen dan objek penelitian\r\nadalah mekanisme ganti rugi di Pasar Seni Nadzar. Penelitian ini\r\nmenggunakan perspektif normatif, yuridis dan sosiologi hukum\r\nIslam.Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat diketahui bahwa; Dalam\r\nkajian normatif, praktik ganti rugi (ta’wi>d) di Pasar Seni Nadzar Malioboro\r\ntidak sah menurut syara’, karena akad ta’wi>d yang digunakan dalam ganti\r\nrugi ini Namun jika dihubungkan dengan rukun-rukun akad dan syarat-syarat\r\nakad secara umum, ada salah satu dari syarat- syarat keabsahan akad (syurūṭ\r\naṣ-ṣiḥḥaḥ) yang belum terpenuhi, yaitu; persetujuan ijab dan kabul itu harus\r\ndicapai secara bebas tanpa adanya unsur paksaan dari pihak manapun. Selain\r\nitu syarat keabsahan akad yang dilanggar lainnya ialah bahwa penyerahan\r\nobjek akad tidak menimbulkan kerugian dan apabila menimbulkan kerugian\r\nmaka akad fasid. Padahal jelas bahwa dengan adanya penggunaan klausul\r\nbaku dalam praktik ganti rugi tersebut, ada salah satu pihak yang dirugikan\r\nyaitu; konsumen.\r\nDalam kajian yuridis, penggunaan klausul baku dalam ganti rugi di\r\nPasar Seni Nadzar Malioboro tidak sah menurut hukum. Praktik ganti rugi\r\ntidak sah karena klausul baku yang ditetapkan bertentangan dengan Undang-\r\nUndang Perlindungan Konsumen Nomor 8 Tahun 1999 Pasal (8) ayat (2).\r\nTinjauan sosiologi hukum Islam, pelaksanaan ganti rugi yang\r\nmenggunakan klausul baku ini bertentangan dengan perundang-undangan.\r\nNamun praktik tersebut menjadi sebuah kebiasaan yang berlangsung terusmenerus,\r\nmeskipun kebiasaan tersebut merupakan kebiasaan yang\r\nbertentangan dengan syara’(‘urf fa>sid).Adapun ‘urf fa>sid, diharuskan untuk\r\nditinggalkan, karena memeliharanya itu berarti menentang dalil syara’ atau\r\nmembatalkan dalil syara’.\r\nKata Kunci: Ganti Rugi,Ta’wi>d, Klausul Baku, Undang-undang\r\nPerlindungan Konsumen."^^ . "2016-09-02" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS SYARIAH DAN HUKUM, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM 12380080"^^ . "BAIHAKI"^^ . "NIM 12380080 BAIHAKI"^^ . . . . . . "MEKANISME GANTI RUGI DI PASAR SENI NADZAR MALIOBORO(PERSPEKTIF NORMATIF, YURIDIS DAN SOSIOLOGI HUKUM ISLAM) (Text)"^^ . . . . . "12380080_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "MEKANISME GANTI RUGI DI PASAR SENI NADZAR MALIOBORO(PERSPEKTIF NORMATIF, YURIDIS DAN SOSIOLOGI HUKUM ISLAM) (Text)"^^ . . . "MEKANISME GANTI RUGI DI PASAR SENI NADZAR MALIOBORO(PERSPEKTIF NORMATIF, YURIDIS DAN SOSIOLOGI HUKUM ISLAM) (Other)"^^ . . . . . . "MEKANISME GANTI RUGI DI PASAR SENI NADZAR MALIOBORO(PERSPEKTIF NORMATIF, YURIDIS DAN SOSIOLOGI HUKUM ISLAM) (Other)"^^ . . . . . . "MEKANISME GANTI RUGI DI PASAR SENI NADZAR MALIOBORO(PERSPEKTIF NORMATIF, YURIDIS DAN SOSIOLOGI HUKUM ISLAM) (Other)"^^ . . . . . . "MEKANISME GANTI RUGI DI PASAR SENI NADZAR MALIOBORO(PERSPEKTIF NORMATIF, YURIDIS DAN SOSIOLOGI HUKUM ISLAM) (Other)"^^ . . . . . . "MEKANISME GANTI RUGI DI PASAR SENI NADZAR MALIOBORO(PERSPEKTIF NORMATIF, YURIDIS DAN SOSIOLOGI HUKUM ISLAM) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "MEKANISME GANTI RUGI DI PASAR SENI NADZAR MALIOBORO(PERSPEKTIF NORMATIF, YURIDIS DAN SOSIOLOGI HUKUM ISLAM) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "MEKANISME GANTI RUGI DI PASAR SENI NADZAR MALIOBORO(PERSPEKTIF NORMATIF, YURIDIS DAN SOSIOLOGI HUKUM ISLAM) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "MEKANISME GANTI RUGI DI PASAR SENI NADZAR MALIOBORO(PERSPEKTIF NORMATIF, YURIDIS DAN SOSIOLOGI HUKUM ISLAM) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #23613 \n\nMEKANISME GANTI RUGI DI PASAR SENI NADZAR MALIOBORO(PERSPEKTIF NORMATIF, YURIDIS DAN SOSIOLOGI HUKUM ISLAM)\n\n" . "text/html" . . . "Muamalat" . .