%A FITRIANI - NIM : 05470070-04 %O Pembimbing : Drs. M. Jamroh Latief, M.Si, %T PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA PIRI I YOGYAKARTA %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan program pengembangan profesionalisme, Langkah-langkah Sekolah dalam mengembangakan profesionalisme dan apa saja faktor pendukung dan penghambat pengembangan profesionalisme guru pendidikan agama Islam di SMA PIRI 1 Yogyakarta. Sehingga guru pendidikan agama Islam dapat dikategotikan sebagai guru profesionalisme. Pengembangan profesionalisme guru merupakan kebutuhan yang amat mendasar dalam upaya mewujudkan pengelolaan pendidikan yang bermutu. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil lokasi penelitian di SMA PIRI 1 Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu metode observasi, interview dan dokumentasi. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa para guru Pendidikan agama Islam di SMA PIRI 1 Yogyakarta berusaha untuk mengembangkan diri dalam pengadaan penelitian, menciptakan karya tulis dan mengikuti kegiatan pengembangan kurikulum Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa terdapat beberapa bentuk pengembangan profesionalisme guru pendidikan agama Islam di SMA PIRI 1 Yogyakarta yaitu pertama, penyetaraan dan studi lanjut pendidikan, kedua, pelatihan dan penatara, ketiga, mengadakan penelitian dibidang pendidikan, keempat, menciptakan karya tulis dan kelima, mengikuti kegiatan pengembangan kurikulum. Para guru di SMA PIRI 1 Yogyakarta berusaha menjadi guru yang profesionalisme akan tetapi guru pendidikan agama islam di SMA PIRI 1 Yogyakarta masih banyak kekurangan dalam pengembangan profesionalisme guru. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa program program pengembangan profesionalisme guru pendidikan agama Islam di SMA PIRI 1 Yogyakarta terdiri dari lima program diantaranya adalah ; penyetaraan dan studi lanjut pendidikan, pelatihan dan penataran, mengadakan penelitian dibidang pendidikan, menciptakan karya tulis dan mengikuti kegiatan kurikulum. Langkah-langkah sekolah dan Yayasan dalam pengembangan profesionalisme guru pendidikan agama Islam di SMA PIRI 1 Yogyakarta meliputi; meningkatkan pengetahuan guru dan meningkatkan kreatifitas guru. Faktor pendukung pengembangan profesionalisme guru pendidikan agama Islam di SMA PIRI 1 Yogyakarta meliputi ; kesadaran para guru dalam mengikuti program pelatihan dan mengikuti studi lanjut, kegiatan MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran), sedangkan faktor penghambatnya meliputi ; terbatasnya dana yang tersedia, sarana dan parasarana yang kurang memadai, kemampuan dasar guru yang sifatnya heterogen, administrasi pendidikan yang terus berganti dan kemampuan dasar guru yang minim tentang penelitian. Supaya menjadi guru profesionalisme para guru di SMA PIRI 1 Yogyakarta khususnya guru pendidikan agama Islam di SMA PIRI 1 Yogyakarta berusaha untuk mengikuti kegiatan-kegiatan pengembangan profesionalisme guru pendidikan agama Islam yang di selenggarakan pihak sekolah maupun dari luar sekolah. %K Profesionalisme Guru, Pendidikan Agama Islam %D 2009 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %L digilib2363