TY - THES N1 - M. Agung Rokhimawan, M.Pd. ID - digilib23634 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23634/ A1 - Endi Sarwanto, NIM. 11480072 Y1 - 2016/12/06/ N2 - ENDI SARWANTO. Penggunaan Media Gelas Bilangan dalam Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Matematika pada Siswa Kelas I SD Muhammadiyah Kayen Depok Sleman. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar aspek kognitif pada mata pelajaran matematika siswa kelas I SD Muhammadiyah Kayen Depok Sleman dengan menggunakan media gelas bilangan. Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya hasil belajar matematika siswa dan belum adanya media untuk pembelajaran penjumlahan dan pengurangan pada siswa kelas I. Proses pembelajaran matematika kelas I masih menggunakan metode ceramah sehingga siswa tidak terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan secara kolaboratif antara guru dengan peneliti. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan menggunakan desain penelitian model Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari empat tahap yaitu planning (perencanaan), action (tindakan), observing (observasi), dan reflecting (refleksi). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I SD Muhammadiyah Kayen Depok yang terdiri dari 34 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah ketuntasan belajar siswa mencapai 75% atau 26 siswa dari 34 siswa kelas I telah tuntas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) mata pelajaran matematika. KKM mata pelajaran matematika adalah 71. Hasil penelitian pembelajaran matematika dengan menggunakan media gelas bilangan pada siklus I menunjukkan nilai rata-rata hasil belajar kognitif adalah 69,71 dengan kriteria ?kurang? dan ketuntasan belajar 61,76% atau 21 siswa tuntas. Hasil penelitian pada siklus II menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar kognitif matematika adalah 81,47 dengan kriteria ?baik? dan ketuntasan belajar 79,41% atau 27 siswa tuntas. Kata Kunci: Penggunaan Media Gelas Bilangan, Hasil Belajar Kognitif, dan Pembelajaran Matematika, PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Penggunaan Media Gelas Bilangan KW - Hasil Belajar Kognitif KW - dan Pembelajaran Matematika M1 - skripsi TI - PENGGUNAAN MEDIA GELAS BILANGAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF MATEMATIKA PADA SISWA KELAS I SD MUHAMMADIYAH KAYEN DEPOK SLEMAN AV - restricted EP - 196 ER -