@phdthesis{digilib2365, month = {May}, title = {UPAYA GURU DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 7 YOGYAKARTA}, school = {UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta}, author = { Hairul Rahman - NIM. 0442 0920}, year = {2009}, note = {Pembimbing : Drs. Dudung Hamdun, M Si}, keywords = {Motivasi, Belajar, Bahasa Arab}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2365/}, abstract = {Latar belakang penelitian ini adalah lemahnya motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 7 Yogyakarta dalam belajar bahasa Arab. Idealnya dalam belajar bahasa Arab semestinya siswa mempunyai motivasi yang tinggi baik itu motivasi intrinsik maupun motivasi ekstrinsik sehingga proses belajar mengajar bahasa Arab dapat berlangsung dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara mendalam tentang faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kurangnya motivasi belajar bahasa Arab siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 7 Yogyakarta, upaya-upaya apa saja yang dilakukan oleh guru bahasa Arab untuk menumbuhkan motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 7 Yogyakarta Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Pendekatan kualitatif adalah penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian misalnya perilaku, persepsi, motivasi, tindakan, dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa. Sedangkan jenis penelitian yang dipakai adalah lapangan. Sumber datanya adalah siswa, guru bahasa Arab, kepala sekolah dan staf karyawan di SMP Muhammadiyah 7. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dukumentasi, dan angket. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dan kuantitatif persentase. Untuk menguji keabsahan data digunakan adalah trianggulasi data. Trianggulasi data adalah memeriksa kebenaran hipotesis, konstruk, atau analisis dengan membandingkannya dengan orang lain. Hasil dalam penelitian menunjukkan bahwa ada dua faktor yang mempengaruhi motivasi siswa dalam belajar bahasa Arab. Kedua faktor tersebut adalah faktor internal yang meliputi: sikap siswa, minat siswa, intelegensi siswa dan motivasi siswa. Sedangkan faktor eksternalnya meliputi: lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat. Upaya-upaya yang dilakukan oleh guru bahasa Arab dalam dalam menumbuhkan motivasi belajar adalah memberi tugas kepada siswa baik dirumah maupun disekolah, memberi motivasi kepada siswa, dan memberi nasehat kepada siswa. } }