TY - THES N1 - Pembimbing : Dr. Abdul Munif, M.Ag ID - digilib2366 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2366/ A1 - HARIYANTO - NIM : 04420915, Y1 - 2009/05/27/ N2 - Penelitian ini dilatar belakangi adanya kenyataan bahwa proses belajar mengajar bahasa Arab yang sangat singkat di SMP Muhammadiyah Imogiri, yaitu hanya satu jam pelajaran (40 menit) dalam seminggu yang ternyata belum bisa meningkatkan prestasi belajar bahasa Arab siswa-siswinya. Oleh karena itu diperlukan usaha yang lebih untuk meningkatkan prestasi belajar bahasa Arab siswa-siswinya. Salah satu usaha yang dilakukan yaitu dengan memberikan tugas pekerjaan rumah (PR) secara berkala dengan harapan bisa merangsang siswa untuk belajar di rumah sehingga prestasi belajar bahasa Arabnya bisa meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak ada korelasi yang cukup signifikan antara pemberian tugas pekerjaan rumah (PR) dengan prestasi belajar bahasa Arab siswa kelas dua SMP Muhammadiyah Imogiri, ada atau tidak ada korelasi yang signifikan antara gaya belajar dengan prestasi belajar bahasa Arab siswa kelas dua SMP Muhammadiyah Imogiri, dan ada atau tidak ada korelasi yang cukup signifikan antara pemberian tugas pekerjaan rumah (PR) dan gaya belajar dengan prestasi belajar bahasa Arab siswa kelas dua SMP Muhammadiyah Imogiri. Penelitian ini termasuk jenis penelitian korelasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini dengan menggunakan rumus product moment dan regresi ganda. Teknik pengumpulan data menggunakan test, angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber datanya adalah kepala sekolah, guru bahasa Arab dan siswa-siswi kelas dua SMP Muhammadiyah Imogiri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa besarnya koefisien korelasi hitung (r observasi) antara pemberian tugas pekerjaan rumah dengan prestasi belajar bahasa Arab siswa kelas dua SMP Muhammadiyah Imogiri, yaitu sebesar 0,347 lebih kecil dari harga r tabel pada taraf signifikansi 5% yaitu sebesar 0,349. Hal ini berarti bahwa hipotesis alternatif yang menyatakan bahwa terdapat korelasi yang cukup signifikan antara pemberian tugas pekerjaan rumah (PR) dengan prestasi belajar bahasa Arab siswa kelas dua SMP Muhammadiyah Imogiri ditolak. Besarnya harga koefisien korelasi hitung antara gaya belajar dengan prestasi belajar bahasa Arab siswa kelas dua SMP Muhammdiyah Imogiri, yaitu sebesar 0,157 lebih kecil dari harga r tabel pada taraf signifikansi 5% yaitu sebesar 0,349. Hal ini berarti bahwa hipotesis alternatif yang menyatakan bahwa terdapat korelasi yang cukup signifikan antara gaya belajar dengan prestasi belajar bahasa Arab siswa kelas dua SMP Muhammadiyah Imogiri ditolak. Setelah menguji signifikansi koefisien korelasi ganda, diketahui besarnya harga F hitung 2,400, sedangkan besarnya harga F tabel pada taraf signifikansi 5% = 3,33 dan pada taraf signifikansi 1% = 5,42. Dengan demikian, dapat diketahui bahwa harga F hitung sebesar 2,400 lebih kecil dari pada harga F tabel baik pada taraf signifikansi 5% maupun 1%. Hal ini berarti bahwa hipotesis alternatif yang menyatakan bahwa terdapat korelasi yang cukup signifikan antara pemberian tugas pekerjaan rumah (PR) dan gaya belajar dengan prestasi belajar bahasa Arab siswa kelas dua SMP Muhammadiyah Imogiri ditolak. PB - UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta KW - Studi KW - Korelasi KW - Tugas KW - Pekerjaan Rumah KW - Gaya Belajar KW - Prestasi KW - Belajar KW - Bahasa Arab M1 - skripsi TI - STUDI KORELASI ANTARA PEMBERIAN TUGAS PEKERJAAN RUMAH (PR) DAN GAYA BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS II SMP MUHAMMADIYAH IMOGIRI AV - restricted ER -