%A . IBRAHIM %T PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MASALAH YANG MENGHADIRKAN KECERDASAN EMOSIONAL %X Pembelajaran berbasis-masalah dalam konteks pembelajaran matematika adalah suatu strategi pembelajaran matematika di dalam kelas dengan aktivitas memecahkan masalah matematis sedemikian hingga siswa dapat mengkonstruksi pengetahuan matematis oleh dirinya sendiri. Berkaitan dengan usaha mencapai tujuan pembelajaran matematika mela1ui pembelajaran berbasis-masalah, tentunya menuntut siswa untuk menggunakan potensinya secara optimal. Sementara itu, untuk menciptakan proses pembelajaran matematika dengan penggunaan potensi siswa secara optimal, maka kecerdasan emosional yang dimiliki siswa perlu menjadi perhatian. Pertimbangan emosional dalam pembelajaran matematika secara istimewa mungkin akan sedikit banyak membantli. dalam menerima pelajaran matematika, di tengah anggapan yang masih diyakini oleh sebagian besar siswa, yaitu matematika merupakan mata pelajaran yang sulit. Dengan demikian, kehadiran kecerdasan emosional dapat dipandang sebagai aspek yang perlu dipertimbangkan, bahkan dapat dijadikan dasar untuk mengikuti proses pembelajaran bcrbasis-masalah dengan baik sedemikian hingga tercapainya hasil pemebelajaran maternatika secara utuh. Kata kunci: pembelajaran berbasis-masalah dan kecerdasan emosional %K pembelajaran berbasis-masalah, kecerdasan emosional %P 1-20 %D 2011 %C SEKRETARIAT DISKUSI MALAM SABTU UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib23679