<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENDIDIKAN ISLAM BERORIENTASI PADA\r\nKEBUTUHAN SUBYEK DIDIK"^^ . "Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana\r\nbelajar dan pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi\r\nI\r\ndirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagarnaan, pengendalian diri,\r\nkepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya,\r\nmasyarakat, bangsa, dan negara. Dad konsep ini jelaslah bahwa fokus dari\r\naktivitas pendidikan adalah subyek didik. Subyek didiklah yang menjadi pelaku\r\nutama dari pendidikan, karena subyek didiklah yang mengalami proses mencari,\r\nmenemukan, dan menjadi. Komponen-komponen lain baik bempa kuriku)um,\r\nguru, sarana~prasarana, dan media hanyalah seperangkat komponen yang bertugas\r\nmembantu sulfyek didik untuk melakukan pembelajaran. Namun demikian, dalam\r\nprakteknya tidak jarang praktek pendidikan justru mengebiri potensi subyek didik.\r\nHal ini tercermin dari rumusan sistem, kurikulum, proses pembelajaran, materi ..\r\ndan sebagainya yang kurang menghargai potensi dan kebutuhan subyek didik. ·\r\nTerlebih pendidikan Islam yang berjalan pada lembaga pendidikan formal yakni\r\n\"\\ .·\r\npada sekolah, madrasah, dan PerguruanTinggi lebih berorientasi pada norma atau\r\najaran agama Islam daripada berorientasi pada kebutuhan subyek didik. Ajaran\r\n. .. ·\r\nagama Islam dipahami kemudian disistematisasi menjadi lima aspek yaitu aiQur'an-\r\nHadis, Akidah, Akhlak, Fikih dan Sejarah Kebudayaan Islam untuk PAl\r\ndi sekolah. Untuk rumpun mata pelajaran agama Islam di madrasah, ajaran agama\r\nIslam disistematisasi menjadi empat mata pelajaran yaitu al-Qur'an-Hadis,\r\nAkidah-Akhlaq, Fikih dan SKI? Pemaknaan dan rumusan seperti di atas\r\nmengindikasikan secara jelas bahwa konsep pendidikan Islam cenderung lebih dominan nuansa normatifnya, dan sedikit banyak mengabaikan diskursif wilayah\r\nempiris kontekstual.3\r\nAkibat lebih lanjut dari kondisi ter5ebut yaitu banyak alumni dari lembaga\r\npendidikan Islam yang teralienasi dari kehidupan masyarakat. Hal ini disebabkan\r\napa yang dipelajari di lembaga pendidikan tidak sesuai dengan apa yang\r\ndibutuhkan oleh masyarakat. Dengan kata lain, apa yang tidak dibutuhkan oleh\r\nsubye~ didik dipelajari sebanyak-banyaknya, namun apa yang dHmtuhkan olch\r\nsubyek didik dalam rangka untuk memecahkan berbagai problem kehidupan yang\r\ndihadapi justru tidak dipelajari secara semestinya. Oleh karena itu sudah\r\nsemestinya pendidikan Islam melakukan perubahan paradigma. Pendidikan Islam\r\ntidak hanya bersifat normatif semata, tetapi lebih memberikan ruan-g yang lebih\r\nluas terhadap persoalan-persoalan empiris. Tulisan ini hendak mencari alternatif\r\nsolusi mengenai rumusan bagaimanakah semestinya konsep pendidikan Islam\r\nyang berorientasi pada kebutuhan subyek didik."^^ . "2012-03-02" . . . . . . . . "-"^^ . "Suyatno"^^ . "- Suyatno"^^ . . . . "Diskusi Imiah Dosen Tetap UIN Sunan Kalijaga Tahun Ke -32"^^ . . . . . "Sekertariat Diskusi Malam Sabtu UIN Sunan Kalijaga"^^ . . . . . . "PENDIDIKAN ISLAM BERORIENTASI PADA\r\nKEBUTUHAN SUBYEK DIDIK (Text)"^^ . . . . . "Pendidikan Islam Berorienta.pdf"^^ . . . "PENDIDIKAN ISLAM BERORIENTASI PADA\r\nKEBUTUHAN SUBYEK DIDIK (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENDIDIKAN ISLAM BERORIENTASI PADA\r\nKEBUTUHAN SUBYEK DIDIK (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENDIDIKAN ISLAM BERORIENTASI PADA\r\nKEBUTUHAN SUBYEK DIDIK (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENDIDIKAN ISLAM BERORIENTASI PADA\r\nKEBUTUHAN SUBYEK DIDIK (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #23680 \n\nPENDIDIKAN ISLAM BERORIENTASI PADA \nKEBUTUHAN SUBYEK DIDIK\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Agama Islam"@en . .