eprintid: 23712 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 6 dir: disk0/00/02/37/12 datestamp: 2017-01-25 01:38:57 lastmod: 2017-01-25 01:56:15 status_changed: 2017-01-25 01:38:57 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Nurhayati, NIM: 1420410221 title: DINAMIKA PSIKOLOGIS GURU BK DALAM LAYANAN BIMBINGAN KONSELING BERBASIS ISLAM UNTUK SISWA BROKEN HOME DI SMKK AMANAH HUSADA BANGUNTAPAN YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: PF divisions: pps_pai full_text_status: restricted keywords: Dinamika Psikologis Guru BK, Layanan Bimbingan Konseling note: Dr. Casmini, M. Si. abstract: Guru BK merupakan makhluk sosial yang tak luput dari permasalah pribadi yang dihadapinya. Kepribadian guru BK merupakan hal yang sangat penting dalam konseling. Guru BK haruslah seorang yang bersifat dewasa, ramah, dapat berempati, peduli terhadap kepentingan orang lain, serta tidak mudah marah karena konseli yang dihadapinya datang dengan berbagai macam sifatnya masingmassing. Guru BK dituntut untuk memiliki kesehatan psikologis yang lebih baik dibandingkan dengan konselinya. Karena dalam layanan bimbingan dan konseling itu sendiri, yang dilayani adalah siswa dengan berbagai macam permasalahannnya. Kesehatan psikologis guru BK yang baik sangat berguna dalam hubungan konseling. Seorang guru BK yang kurang sehat psikisnya, kemungkinan besar dia akan teracuni atau terkontaminasi oleh kebutuhankebutuhannya sendiri, persepsi yang subjektif, nilai-nilai yang keliru, dan kebingungan. Penelitian ini bersifat deskriftif kualitatif, yaitu proses penelitian yang menghasilkan data deskriptif sebagaimana adanya atau natural setting. Penelitian di lakukan di SMKK Amanah Husada Banguntapan Yogyakarta dengan teknik pengumpul data yang digunakan yaitu teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dinamika psikologis guru BK dalam layanan bimbingan konseling berbasis islam untuk siswa broken Home. Sasaran utama dalam mengumpulkan data adalah guru bimbingan konseling dalam memberikan layanan bimbingan konseling untuk siswa broken home. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif dengan menggambarkan dinamika psikologis guru BK dalam memberikan layanan bimbingan konseling berbasiis islam untuk siswa broken home. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek penelitian memiliki dinamika psikologis yang berbeda-beda dengan aspek psikologis yang sama yaitu kognisi, emosi, dan motivasi dalam memberikan layanan bimbingan konseling untuk siswa broken home. Perbedaan dinamika psikologis ini dikarenakan faktor eksternal yang mempengaruhinya yaitu latar belakang pendidikan, latar belakang keluarga, serta lama waktu menjadi tenaga pendidik pada lingkungan sekolah yang ditempati subjek. Faktor eksternal sangat mempengaruhi dinamika psikologis subjek sehingga hal ini juga mempengaruhi dalam memberikan layanan bimbingan konseling untuk siswa broken home. Kata Kunci: Dinamika Psikologis Guru BK, Layanan Bimbingan Konseling date: 2016-08-15 date_type: published pages: 141 institution: UIN Sunan Kalijaga department: Pascasarjana thesis_type: masters thesis_name: other citation: Nurhayati, NIM: 1420410221 (2016) DINAMIKA PSIKOLOGIS GURU BK DALAM LAYANAN BIMBINGAN KONSELING BERBASIS ISLAM UNTUK SISWA BROKEN HOME DI SMKK AMANAH HUSADA BANGUNTAPAN YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23712/1/1420410221_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23712/2/1420410221_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf