eprintid: 23734 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 111 dir: disk0/00/02/37/34 datestamp: 2017-01-27 02:08:03 lastmod: 2017-01-27 02:08:03 status_changed: 2017-01-27 02:08:03 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: HELAH, NIM. 12670001 title: PENGEMBANGAN ENSIKLOPEDIA DAILY CHEMISTRY SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI KIMIA SMK KESEHATAN KELAS XI SEMESTER 1 ispublished: pub subjects: KC divisions: jur_kim full_text_status: restricted keywords: Pengembangan, Ensiklopedia, Daily chemistry, Asam-Basa, Laju Reaksi, dan sifat koligatif larutan. note: Asih Widi Wisudawati, M.Pd, abstract: Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) mengembangkan Ensiklopedia Daily Chemistry sebagai sumber belajar mandiri kimia SMK Kesehatan kelas XI semester 1, (2) menguji kualitas ensiklopedia yang telah dikembangkan sebagai sumber belajar mandiri kimia berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, guru SMK Kesehatan dan siswa. Model pengembangan yang digunakan adalah model four D yaitu Define (pendefinisian), Design (perancangan), Development (pengembangan), dan Disseminate (penyebarluasan). Penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap Development (pengembangan). Produk ensiklopedia ini ditinjau oleh dosen pembimbing, ahli materi, ahli media, tiga peer reviewer. Subyek penilaian kualitas ensiklopedia ini tiga pendidik (2 pendidik kimia 1 ahli kesehatan) dan direspon oleh 10 siswa SMK Kesehatan di kota Yogyakarta dan sleman. Instrumen yang digunakan dalam penilaian berupa lembar skala penilaian 1-5 yang berisi 12 kriteria. Hasil penilaian dan respon berupa data kualitatif yang diubah menjadi data kuantitatif , kemudian dianalisis setiap aspeknya untuk menentukan kualitas ensiklopedia yang dikembangkan. Karakteristik ensiklopedia yang dikembangkan antara lain tersusun atas 3 materi meliputi asam basa, sifat koligatif larutan, dan laju reaksi setiap materi ada keterkaitannya dengan ilmu kesehatan. Selain itu dilengkapi dengan sejarah dari obat tersebut, contoh obat, glosarium, serta keterkaitan dengan materi kimia. Hasil penelitian dan pengembangan Ensiklopedia Daily Chemistry sebagai sumber belajar mandiri kimia SMK Kesehatan kelas XI semester 1 berdasarkan penilaian ahli materi menunjukkan bahwa kualitas ensiklopedia Baik (B) dengan skor maksimal 11 dan persentase keidealan 80%. Menurut penilaian ahli media menunjukkan bahwa kualitas ensiklopedia Baik (Baik) dengan skor 10 dan presentase keidealan sebesar 80%. Menurut guru kimia menunjukkan bahwa kualitas Sangat Baik (SB) dengan persentase keidealan besar 85, %. Hasil respon siswa terhadap ensiklopedia Daily Chemistry mendapatkan persentase keidealan sebesar 77,17% sehingga dapat disimpulkan bahwa siswa menilai tampilan fisik ensiklopedia Daily Chemistry menarik. Respon yang diberikan siswa terhadap adanya ensiklopedia Daily Chemistry sangat positif. date: 2016-11-30 date_type: published pages: 150 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: HELAH, NIM. 12670001 (2016) PENGEMBANGAN ENSIKLOPEDIA DAILY CHEMISTRY SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI KIMIA SMK KESEHATAN KELAS XI SEMESTER 1. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23734/1/12670001_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23734/2/12670001_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf