relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23772/ title: STRATEGI JIGSAW SEBAGAI MODEL COOPERATIVE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MAHARAH QIRA`AH MATA PELAJARAN BAHASA ARAB (Studi Kasus Di MTs Ma`arif Al Hikmah Ngrayun Ponorogo) creator: Sugeng Santoso, NIM: 1420411040 subject: Bahasa Arab description: Penelitian ini berangkat dari latar belakang sebuah madrasah yang berada di wilayah pedesaan, seorang guru yang menggunakan model pembelajaran dan strategi untuk untuk meningkatkan kemampuan empat maharah salah satu diantaranya, adalah Maharah Qira`ah dalam pembelajaran bahasa arab. proses pembelajarannya. strategi Jigsaw sebagai Model Cooperative Learning. Proses peningkatan kualitas pembelajaran di MTs Ma`arif Al Hikmah dimulai dengan model Coopertive Learning maharah Qira`ah siswa kelas IX, berangkat dari hal tersebut penelitian ini berusaha mengetahui dan kemudian mendiskripsikan 1) Bagaimana penerapan strategi Jigsaw model Cooperative learning pada mata pelajaran bahasa arab siswa kelas IX di MTs Ma`arif Al Hikmah. 2) Bagaimana Maharah Qira`ah siswa kelas IX MTs Ma`arif Al Hikmah dengan menggunakan dengan Strategi Jigsaw. model Cooperative learning. 3) Apa faktor penghambat dan pendukung penerapan Strategi Jigsaw sebagai model Cooperative Learning pada mata pelajaran bahasa arab siswa kelas IX di MTs Ma`arif Al Hikmah. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Data diperoleh dan dikumpulkan dari informan berupa manusia dan non manusia dengan teknik dokumentasi, wawancara, dan observasi, dan angket. Teknik analisis data menggunakan model analisis Miles Huberman, dengan melakukan analisis selama dilapangan secara kontinyu hingga data jenuh. Pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan uji kredibilitas data dengan menggunakan referensi data (bukti autentik data), perpanjangan pengamatan, ketekunan, triangulasi. Penelitian menunjukkan bahwa Pertama, dalam penerapan strategi Jigsaw model Cooperative Learning, proses perencanaan pembelajaran kurang maksimal namun, kemampuan membaca siswa mengalami peningkatan. Kedua, kemampuan yang dimaksud adalah kemampuan membaca dengan benar, dan memahami makna tersirat dan tersurat teks Qira`ah. bentuk peningkatan kemampuan ini disajikan dalam form penilian. Ketiga, penghambat dalam pelaksanakan model pembelajaran adalah diantara adanya siswa yang belum bisa membaca Al Qur`an ,pembentukan kelompok yang membutuhkan waktu lama. adapun pendukung dalam pembelajaran ini, semua komponen siswa merasa senang dan antusias. Dari hasil penelitian disarankan untuk komponen madrasah sebagai ujung tombak kemajuan madrasah, lebih inovatif proses pembelajaran. beberapa model pembelajaran yang sudah teruji hasilnya adalah strategi Jigsaw model Cooperative Learning. Kata Kunci: Jigsaw, Cooperative Learning, Maharah Qira`ah, Strategi Pembelajaran PBA. date: 2016-07-12 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23772/1/1420411040_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23772/2/1420411040_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf identifier: Sugeng Santoso, NIM: 1420411040 (2016) STRATEGI JIGSAW SEBAGAI MODEL COOPERATIVE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MAHARAH QIRA`AH MATA PELAJARAN BAHASA ARAB (Studi Kasus Di MTs Ma`arif Al Hikmah Ngrayun Ponorogo). Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.