<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM\r\nDALAM MENANGGULANGI BULLYING\r\nMELALUI PENERAPAN GURU SAHABAT ANAK\r\nPADA SISWA SMA PIRI 1 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016"^^ . "ERVIN YUNIARTI NING TYAS. Peran guru pendidikan agama Islam\r\ndalam menanggulangi bullying melalui penerapan guru sahabat anak pada siswa\r\nSMA PIRI 1 Yogyakarta tahun ajaran 2015/2016. Tesis. Yogyakarta: Konsentrasi\r\nPendidikan Agama Islam Program Studi Pendidikan Islam Pascasarjana UIN\r\nSunan Kalijaga, 2016. Latar belakang penelitian ini adalah maraknya kasus\r\nbullying di sekolah yang meresahkan sehingga menghambat anak untuk belajar di\r\nsekolah. Kasus-kasus kekerasan tersebut tidak saja mencoreng citra pendidikan\r\nyang selama ini dipercaya oleh banyak kalangan sebagai sebuah tempat di mana\r\nproses humanisasi berlangsung, tetapi juga menimbulkan sejumlah pertanyaan,\r\nbahkan gugatan dari berbagai pihak yang semakin kritis mempertanyakan esensi\r\npendidikan di sekolah dewasa ini. Guru PAI di sekolah tersebut berupaya dengan\r\nmenerapkan guru sahabat anak untuk menanggulangi bullying. Rumusan masalah\r\ndalam penelitian ini : 1) Bagaimana bentuk-bentuk bullying siswa yang ada di\r\nSMA PIRI 1 Yogyakarta? 2) Bagaimana peran guru PAI dalam menanggulangi\r\nbullying melalui penerapan guru sahabat anak pada siswa SMA PIRI 1\r\nYogyakarta? 3)Bagaimana dampak peran guru PAI dalam menanggulangi\r\nbullying melalui penerapan guru sahabat anak pada siswa SMA PIRI 1\r\nYogyakarta? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk\r\nbullying siswa yang ada di SMA PIRI 1 Yogyakarta, peran guru PAI dalam\r\nmenanggulangi bullying melalui penerapan guru sahabat anak pada siswa SMA\r\nPIRI 1 Yogyakarta dan dampaknya. Hasil penelitian ini diharapkan menjadi salah\r\nsatu referensi untuk menanggulangi bullying. Penelitian ini merupakan penelitian\r\nkualitatif dengan mengambil latar SMA PIRI 1 Yogyakarta. Pengumpulan data\r\ndilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Pemeriksaan\r\nkeabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan teknik.\r\nHasil penelitian menunjukkan Pertama, bentuk-bentuk bullying yang\r\nmasih terdapat pada SMA PIRI 1 Yogyakarta Bullying fisik berupa mencubit dan\r\nmenarik rambut. Untuk Bullying non-fisik verbal berupa memaki, mengejek,\r\nmenjuluki, menuduh, menyoraki, menyebar gosip, dan membentak. Untuk\r\nBentuk-bentuk bullying non-verbal berupa melempar korban dengan barang dan\r\nmenggempalkan tangan. Untuk Bullying mental atau psikologis berupa\r\nmempermalukan korban dan mengucilkan korban. Kedua, peran guru PAI dalam\r\nmenanggulangi bullying melalui penerapan guru sahabat anak pada siswa SMA\r\nPIRI 1 Yogyakarta adalah dengan cara memposisikan diri setara, melakukan\r\npendekatan individu, sebagai pasangan curhat, menggunakan metode\r\npembelajaran kooperatif berupa pendidikan agama berbasis pengalaman dan\r\npenyisipan pendidikan anti bullying, memanfaatkan perpustakaan, menerapkan\r\nrasa empati dan penuh perhatian dan menerapkan sikap ramah. Ketiga, dampak\r\nperan guru PAI dalam menanggulangi bullying melalui penerapan guru sahabat\r\nanak pada siswa SMA PIRI 1 Yogyakarta bagi korban dan siswa yang tidak\r\nterlibat bully yang mulanya pendiam menjadi berani untuk berbicara dan\r\nx\r\nmengeluarkan pendapat, siswa yang lemah dan minder menjadi pribadi yang\r\nmandiri dan percaya diri dan siswa yang nyaman dengan guru PAI menjadikan\r\nguru PAI sebagai tempat curhat dan motivator. Dampak yang dirasakan oleh\r\npelaku, korban dan siswa yang tidak terlibat bullying yang mulanya bersifat\r\nindivudu ada yang berubah menjadi kelompok sehingga tercipta hubungan\r\nkekeluargaan; Siswa yang belum mengerti bahaya bullying menjadi tahu tentang\r\nbahaya bullying sehingga bagi pelaku ada yang mau berubah dengan tidak\r\nmelakukannya lagi, bagi korban ada yang menjadi termotivasi untuk bisa\r\nmenghadapi bullying dan ada yang memilih menghindari bullying. bagi siswa\r\nyang tidak terlibat yang awalnya tidak peduli menjadi ada yang peduli dan ikut\r\nmenghentikan bullying; Siswa yang mulanya tidak mengenal guru PAI menjadi\r\nmengenal sehingga ada yang menyukai guru PAI dan pelajarannya; Siswa\r\nmenjadi pribadi yang ramah dan baik ditunjukkan oleh saling bertegur sapa satu\r\ndengan yang lain dengan bahasa yang baik."^^ . "2016-08-24" . . . . "UIN Sunan Kalijaga"^^ . . . "Pascasarjana, UIN Sunan Kalijaga"^^ . . . . . . . . . "NIM: 1420411043"^^ . "Ervin Yuniarti Ning Tyas"^^ . "NIM: 1420411043 Ervin Yuniarti Ning Tyas"^^ . . . . . . "PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM\r\nDALAM MENANGGULANGI BULLYING\r\nMELALUI PENERAPAN GURU SAHABAT ANAK\r\nPADA SISWA SMA PIRI 1 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016 (Text)"^^ . . . . . "1420411043_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM\r\nDALAM MENANGGULANGI BULLYING\r\nMELALUI PENERAPAN GURU SAHABAT ANAK\r\nPADA SISWA SMA PIRI 1 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016 (Text)"^^ . . . . . "PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM\r\nDALAM MENANGGULANGI BULLYING\r\nMELALUI PENERAPAN GURU SAHABAT ANAK\r\nPADA SISWA SMA PIRI 1 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016 (Other)"^^ . . . . . . "PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM\r\nDALAM MENANGGULANGI BULLYING\r\nMELALUI PENERAPAN GURU SAHABAT ANAK\r\nPADA SISWA SMA PIRI 1 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016 (Other)"^^ . . . . . . "PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM\r\nDALAM MENANGGULANGI BULLYING\r\nMELALUI PENERAPAN GURU SAHABAT ANAK\r\nPADA SISWA SMA PIRI 1 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016 (Other)"^^ . . . . . . "PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM\r\nDALAM MENANGGULANGI BULLYING\r\nMELALUI PENERAPAN GURU SAHABAT ANAK\r\nPADA SISWA SMA PIRI 1 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016 (Other)"^^ . . . . . . "PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM\r\nDALAM MENANGGULANGI BULLYING\r\nMELALUI PENERAPAN GURU SAHABAT ANAK\r\nPADA SISWA SMA PIRI 1 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016 (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM\r\nDALAM MENANGGULANGI BULLYING\r\nMELALUI PENERAPAN GURU SAHABAT ANAK\r\nPADA SISWA SMA PIRI 1 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016 (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM\r\nDALAM MENANGGULANGI BULLYING\r\nMELALUI PENERAPAN GURU SAHABAT ANAK\r\nPADA SISWA SMA PIRI 1 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016 (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM\r\nDALAM MENANGGULANGI BULLYING\r\nMELALUI PENERAPAN GURU SAHABAT ANAK\r\nPADA SISWA SMA PIRI 1 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016 (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #23776 \n\nPERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM \nDALAM MENANGGULANGI BULLYING \nMELALUI PENERAPAN GURU SAHABAT ANAK \nPADA SISWA SMA PIRI 1 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Agama Islam"@en . .