TY - THES N1 - Pembimbing : Muqowim M.Ag, ID - digilib2378 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2378/ A1 - ISMAWATI - NIM. 04410851, Y1 - 2009/05/27/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan KTSP dalam pembelajaran PAI di SMA PIRI I Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kulitatif, dengan mengambil latar SMA PIRI I Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang telah berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan: 1) KTSP dalam pembelajaran PAI di SMA PIRI I Yogyakarta sudah cukup baik hal ini bisa dilihat dari: (a) Guru PAI senantiasa memberikan contoh serta tauladan yang baik kepada peserta didik dan motivasi dan dorongan untuk belajar kepada peserta didik, (b) Guru merancang RPP disesuaikan dengan Silabus, Visi Misi sekolah serta kalender pendidikan, (c) RPP dijadikan acuan dalam pembelajaran, (d) Guru menjabarkan Kompetensi Dasar (KD) ke dalam indikator kompetensi, yang siap dijadikan pedoman pembelajaran dan acuan penilaian. (e) Guru mengajarkan PAI mencakup tiga ranah, yakni ranah kognitif, afektif, dan psikomotor, (f) Guru merancang pengalaman belajar siswa yang disesuaikan dengan perkembangan peserta didik, (g) Guru berusaha agar semua peserta didik harus mencapai ketuntasan belajar dan berusaha agar KD (Kompetensi Dasar) yang dicanangkan dapat tercapai, (h) (i) Hasil belajar PAI dinyatakan dalam kemampuan/kompetensi yang dapat di tampilkan ataupun dapat didemonstrasikan, (j) Guru mengembangkan Indikator dalam praktek pembelajaran, (k) Sebagian besar guru mengenali gaya belajar siswa, (l) Sumber belajar, metode, pengelolaan kelas, model pembelajaran, dan penilaian yang cukup berfariasi. 2) Faktor pendukung pelaksanaan KTSP di SMA PIRI I Yogyakarta adalah: (a) Tersedianya fasilitas, media pembelajaran yang lengkap, (b) Diselenggarakannya berbagai pelatihan KTSP di SMA PIRI I Yogyakarta, (c) Diwajibkannya setiap guru khususnya para guru PAI untuk mengikuti pelatihan KTSP baik yang diselenggarakan oleh pihak sekolah maupun instansi lain, (d) Sebagian besar guru PAI secara kualifikasi akademik sudah memenuhi standar karena seluruhnya berpendidikan minimum diploma empat (DIV) atau sarjana (S-1), (e) Sebagian besar latar belakang pendidikan guru sudah memenuhi standar. Hal tersebut karena secara latar belakang pendidikan sesuai dengan mata pelajaran yang diajarkannya, (f) Adanya Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) PAI. Faktor penghambatnya adalah: a) Sebagian guru dalam pembuatan konsep sudah terbiasa dengan petunjuk pelaksanaan (Juklak) dan petunjuk tekhnis pelaksanaan (Juknis), (b) Belum semua guru PAI mampu menggunakan media pembelajaran seperti laptop, OHP, dan LCD, (c) Keadaan peserta didik yang heterogen baik itu dari segi kognitif psikomotor maupun afeksi serta tidak semua peserta didik menyukai pembelajaran PAI yang disajikan guru./div PB - UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta KW - Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan M1 - skripsi TI - PELAKSANAAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA PIRI I YOGYAKARTA AV - restricted ER -