TY - THES N1 - Pembimbing : Abdul Munif, M.Ag, ID - digilib2379 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2379/ A1 - Imas Masithoh - NIM. 04420872, Y1 - 2009/05/27/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui alasan yang melatarbelakangi diajarkannya Metode 33 dalam pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Diniyah Ali Maksum, untuk mengetahui proses pembelajaran bahasa Arab Metode 33, dan untuk mengetahui faktor pendukung serta penghambat pembelajaran bahasa Arab Metode 33. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, dengan mengambil latar belakang Madrasah Diniyah Ali Maksum Krapyak Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, dan trianggulasi. Data yang terkumpul dikelompokkan dengan cara memilah dan memilih data yang akan digunakan, kemudian data yang ada diperiksa kembali dengan cara membandingkan data hasil observasi, wawancara, dan data hasil dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Alasan yang melatarbelakngi diajarkannya Metode 33 di Madrasah Diniyah Ali Maksum adalah karena relevan dengan kurikulum madrasah, serta Metode 33 lebih praktis dan sistematis. (2) Metode 33 merupakan temuan baru di bidang metodologi pembelajaran bahasa Arab sebagai salah satu upaya untuk lebih mempermudah dan mempercepat pembelajaran membaca kitab bagi pemula, metode pembelajarannya terlebih dahulu dikenalkan kosakata, kemudian penjelasan qawa�id, dan latihan membaca. (3) Faktor pendukung keberhasilan pembelajaran bahasa Arab Metode 33 adalah Adanya semangat guru yang tinggi dalam mengajar, tersedianya sarana dan prasarana yang memadai dalam proses belajar mengajar karena mengharuskan bagi setiap siswa untuk memiliki kitab, belajar bahasa Arab dengan Metode 33 memudahkan guru dalam mengajar karena materi pelajaran singkat tidak terlalu mendetail, sedangkan faktor penghambatnya adalah kemampuan antara siswa yang satu dengan yang lain dalam menerima dan menguasai pelajaran berbeda, kurangnya kesadaran siswa untuk belajar terutama menghafal kosakata, serta jam pelajaran yang terbatas sehingga penyampaian materi kurang maksimal. PB - UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta KW - Metode 33 KW - Pembelajaran KW - Bahasa Arab M1 - skripsi TI - MODEL PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN METODE 33 (Studi Kasus Siswa Kelas I Wustho Madrasah Diniyah Ali Maksum Krapyak Yogyakarta) AV - restricted ER -