eprintid: 2379 rev_number: 17 eprint_status: archive userid: 82 dir: disk0/00/00/23/79 datestamp: 2012-08-09 14:20:36 lastmod: 2017-04-03 03:21:46 status_changed: 2012-05-04 16:42:33 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Imas Masithoh - NIM. 04420872, title: MODEL PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN METODE 33 (Studi Kasus Siswa Kelas I Wustho Madrasah Diniyah Ali Maksum Krapyak Yogyakarta) ispublished: pub subjects: pba divisions: jur_pba full_text_status: restricted keywords: Metode 33, Pembelajaran, Bahasa Arab note: Pembimbing : Abdul Munif, M.Ag, abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui alasan yang melatarbelakangi diajarkannya Metode 33 dalam pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Diniyah Ali Maksum, untuk mengetahui proses pembelajaran bahasa Arab Metode 33, dan untuk mengetahui faktor pendukung serta penghambat pembelajaran bahasa Arab Metode 33. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, dengan mengambil latar belakang Madrasah Diniyah Ali Maksum Krapyak Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, dan trianggulasi. Data yang terkumpul dikelompokkan dengan cara memilah dan memilih data yang akan digunakan, kemudian data yang ada diperiksa kembali dengan cara membandingkan data hasil observasi, wawancara, dan data hasil dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Alasan yang melatarbelakngi diajarkannya Metode 33 di Madrasah Diniyah Ali Maksum adalah karena relevan dengan kurikulum madrasah, serta Metode 33 lebih praktis dan sistematis. (2) Metode 33 merupakan temuan baru di bidang metodologi pembelajaran bahasa Arab sebagai salah satu upaya untuk lebih mempermudah dan mempercepat pembelajaran membaca kitab bagi pemula, metode pembelajarannya terlebih dahulu dikenalkan kosakata, kemudian penjelasan qawa’id, dan latihan membaca. (3) Faktor pendukung keberhasilan pembelajaran bahasa Arab Metode 33 adalah Adanya semangat guru yang tinggi dalam mengajar, tersedianya sarana dan prasarana yang memadai dalam proses belajar mengajar karena mengharuskan bagi setiap siswa untuk memiliki kitab, belajar bahasa Arab dengan Metode 33 memudahkan guru dalam mengajar karena materi pelajaran singkat tidak terlalu mendetail, sedangkan faktor penghambatnya adalah kemampuan antara siswa yang satu dengan yang lain dalam menerima dan menguasai pelajaran berbeda, kurangnya kesadaran siswa untuk belajar terutama menghafal kosakata, serta jam pelajaran yang terbatas sehingga penyampaian materi kurang maksimal. date: 2009-05-27 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: Fakultas Tarbiyah thesis_type: skripsi thesis_name: other refereed: TRUE referencetext: update terakhir : 2009-05-27 13:18:56 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--imasmasith-2081-1-imasmas-3.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/42/digilib-uinsuka--imasmasith-2081-1-imasmas-3.pdf ; url download server lama : /download.php?id=2455 ; nama file lama : IMAS MASITHOH 04420872 MODEL PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN METODE 33.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 1629102 Kb. penulis : ; Copyright 2009 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: Imas Masithoh - NIM. 04420872, (2009) MODEL PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN METODE 33 (Studi Kasus Siswa Kelas I Wustho Madrasah Diniyah Ali Maksum Krapyak Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2379/1/BAB%20I%2C%20IV%2C%20%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2379/2/BAB%20II%2C%20III.pdf