relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23801/ title: BRAIN MANAGEMENT DALAM QUANTUM TAḤFIẒ AL-QUR’ĀN: STUDI DI SMA TAKHASSUS AL-QUR’AN WONOSOBO DAN DI PONDOK PESANTREN SULAIMANIYAH CABANG SEMARANG creator: ABDURROHMAN AL ASY’ARI, SHI, MPDI, NIM. 1130016043 subject: Ilmu Agama Islam description: Abdurrohman Al Asy‟ari, Brain Management dalam Quantum Taḥfīẓ Al- Qur’ān: Studi di SMA Takhassus Al-Qur‟an Wonosobo dan Pondok Pesantren Sulaimaniyah cabang Semarang. Disertasi Kependidikan Islam, Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016. Menghafal ialah suatu upaya aktif untuk memasukkan informasi ke dalam otak. Umumnya penghafal al-Qur’ān menghafal dengan menggunakan otak kiri bukan otak kanan, padahal kegiatan tersebut cenderung lebih cocok menggunakan otak kanan. Para penghafal al-Qur’ān di SMA Takhassus Al-Qur`an dan Pondok Pesantren Sulaimaniyah cabang Semarang sering menghadapi beberapa kesulitan, seperti pembagian waktu belajar dan menghafal, ketakutan ketidaktercapaian target taḥfīẓ, kesulitan ketika menemui ayat-ayat yang redaksinya hampir sama, kegelisahan ketika tidak dapat merekam ayat-ayat yang telah dihafal atau yang telah dilalui, malas dan mengalami kejenuhan dalam menghafal. Tujuan penelitian ini mengungkap cara aktivasi dua belahan otak serta cara recall dan encoding ayat-ayat al-Qur’ān dalam quantum taḥfīẓAl-Qur’ān. Untuk mencapai tujuan tersebut, dilakukan penelitian kualitatif diskriptif dengan pendekatan quantum learning di SMA Takhassus Al-Qur`an dan Pondok Pesantren Sulaimaniyah cabang Semarang. Pengumpulan data meliputi: observasi, wawancara dan dokumentasi, dianalisis melalui tahap: reduksi data, penyajian data serta verifikasi data (Miles dan Hubermen). Berpijak pada kerangka teori dan pendekatan metodologis yang digunakan, ditemukan fakta bahwa penerapan quantum taḥfīẓAl-Qur’āndi SMA Takhassus Al-Qur`an dengan materi hafalan al-Qur’ān 30 juz, dimulai dari surat an-Nās (juz 30), dan berakhir pada surat al-Baqarah (juz 1),dan di Pondok Pesantren Sulaimaniyah cabang Semarang dengan materi menghafal dari juz 1 halaman ke 20, kemudian juz 2 halaman ke 20, dan seterusnya sampai juz 30. Metode tersebut merupakan model tiqui taca, yakni kepanjangan dari; tawasul, intensif, qanā’ah, union, otak kiri, target, antusias, conditioning, otak kanan. Metode ini hakikatnya berbagai aktivitas dalam rangka percepatan menghafal al-Qur’ān memaksimalkan fungsi otak kiri dan kanan, serta menghilangkan dominanisasi dari salah satunya, dengan cara teknik aktivasi dua belahan otak serta recall dan encoding ayat-ayat al-Qur’ān. Teknik aktivasi dua belahan otak empat cara: fī (ً ف) game, pattern hijaiyah game, left-handed bold Qur’ān game, dan coloring Qur’ān game. Keempat teknik tersebut dilakukan disertai dengan musik latar berfrekuensi alfa-teta dengan tujuan untuk merangsang dan menghantarkan otak pada kondisi relaks. Cara recall dan encoding ayat-ayat al-Qur’ān meliputi delapan langkah: atensi, pengulangan, pemrosesan mendalam, elaborasi, visualisai, organisasi, asosiasi, dan mnemonic. Melalui analisis teoretis, penelitian akhirnya menawarkan: metode quantum taḥfīẓAl-Qur’ānmodel tiqui taca, sebagai teori pendidikan. Metode tersebut berkontribusi dalam rangka pemercepatan proses taḥfīẓAl-Qur’ān dengan mengoptimalkan fungsi dua belahan otak sekaligus sehingga para penghafal al- Qur’ān dapat menyelesaikan proses hafalannya dengan lebih cepat dan memori hafalannya sulit hilang. date: 2016-08-19 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23801/1/1130016043_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23801/2/1130016043_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf identifier: ABDURROHMAN AL ASY’ARI, SHI, MPDI, NIM. 1130016043 (2016) BRAIN MANAGEMENT DALAM QUANTUM TAḤFIẒ AL-QUR’ĀN: STUDI DI SMA TAKHASSUS AL-QUR’AN WONOSOBO DAN DI PONDOK PESANTREN SULAIMANIYAH CABANG SEMARANG. Doctoral thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.