<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "NILAI-NILAI KEMANUSIAAN\r\nDALAM PENDIDIKAN RASULULLAH SAW\r\n(KAJIAN BERBASIS TAFSIR – HADIS)"^^ . "Robingun. Nilai-Nilai Kemanusiaan dalam Pendidikan Rasulullah Saw:\r\n(Kajian Tafsir-Hadis). Disertasi Kependidikan Islam, Pascasarjana Universitas\r\nIslam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016.\r\nRasulullah Saw merupakan seorang pendidik yang misinya rahmatan lil\r\n‘ālamīn. Diperlukan kesadaran setiap Muslim untuk mengkontekstualisasikan\r\npesan kerahmatan tersebut dalam interaksi sosialnya. Tanpa itu, ajaran Islam\r\nhanya akan menjadi pesan moral yang hampa. Dengan demikian, diperlukan\r\nkampanye besar-besaran serta upaya-upaya strategis dan proaktif agar warisan\r\nNabi tersebut senantiasa hidup dan hadir di dalam hati, perkataan dan perbuatan\r\nsetiap manusia, sehingga menampilkan ajaran Islam yang akan membawa\r\nkerahmatan global, berkontribusi signifikan bagi kemanusiaan.\r\nTujuan penelitian ini adalah mengungkap nilai-nilai kemanusiaan dalam\r\npendidikan Rasulullah. Untuk mencapai tujuan tersebut, dilakukan penelitian\r\nkualitatif dalam bentuk library research, dengan pendekatan teorits-filosofis dan\r\nInduktif-hermeneutis. Sumber data primer meliputi tafsir al-Qur’an dan hadishadis\r\nterkait, dan sumber sekunder dari sirah nabawiyyah serta pendidikan\r\nRasulullah. Teknik analisis data berbentuk rubrikasi dan uraian materi, dengan\r\nmetode analisis melalui tiga tahap: reduksi data, penyajian data serta penarikan\r\nkesimpulan dan verifikasi (Miles dan Hubermen).\r\nBertumpu pada kerangka teori dan pendekatan metodologis yang digunakan,\r\nditemukan fakta, bahwa pendidikan Rasulullah merupakan tonggak konsep\r\npendidikan nondikotomik, dengan prinsip tauhid sebagai bangunan universal dan\r\nberazaskan wahyu. Di dalamnya mewujud nilai-nilai pendidikan yang selalu\r\notentik kapan pun dan di mana pun, yakni: nilai persamaan, solidaritas, keadilan,\r\nkebajikan dan kepribadian utuh. Rasulullah dibekali kepemimpinan kenabian\r\nsebagai penguatan bagi implementasi nilai-nilai tersebut, dimana otentisitasnya\r\nbisa dilihat dari sudut demografi, kualitas individual, mukjizat, doktrin ma’ṣ um\r\ndan perspektif orientalis. Nilai-nilai tersebut ternyata melampaui kesetaraan\r\ngender, HAM, pendidikan multikultural serta etika global framework Barat.\r\nKepribadian utuh merupakan terapi mujarab atas split personality. Nilai-nilai\r\ntersebut juga bisa menjawab persoalan lesbian, gay, biseksual dan transgender.\r\nMelalui analisis teoritis, penelitian akhirnya menawarkan: (1) nilai-nilai\r\nkemanusiaan dalam pendidikan Rasulullah sebagai teori pendidikan: sarana\r\npencerahan dan penyadaran masyarakat dari efek semakin jauhnya mereka dengan\r\nspiritual, sehingga muncul sikap kekerdilan diri dan ketidakmenentuan. Nilai-nilai\r\ntersebut berkontribusi menghasilkan nilai-balik positif bagi manusia, yakni hidup\r\nbermakna untuk dirinya maupun lingkungannya; (2) Humanisme Rasulullah\r\nsebagai teori pendidikan. Argumentasinya, humanisme dalam Islam adalah\r\ntheocentic humanism, yang pijakannya al-Qur’an dan hadis. Dua sumber tersebut\r\nyang membawa Rasulullah, maka klaim bahwa beliau adalah pioneer humanisme\r\ndalam Islam menjadi tak terbantahkan. Dua teori ini dapat dimanfaatkan untuk\r\npengembangan pendidikan Islam. Inilah salah satu bentuk alternatif model nilainilai\r\nkemanusiaan berbasis tafsir-hadis sebagai konstruksi keilmuan"^^ . "2016-08-02" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "PROGRAM PASCASARJANA, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 1130016027"^^ . "ROBINGUN, SPDI, MPD"^^ . "NIM. 1130016027 ROBINGUN, SPDI, MPD"^^ . . . . . . "NILAI-NILAI KEMANUSIAAN\r\nDALAM PENDIDIKAN RASULULLAH SAW\r\n(KAJIAN BERBASIS TAFSIR – HADIS) (Text)"^^ . . . . . "1130016027_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "NILAI-NILAI KEMANUSIAAN\r\nDALAM PENDIDIKAN RASULULLAH SAW\r\n(KAJIAN BERBASIS TAFSIR – HADIS) (Text)"^^ . . . . . "NILAI-NILAI KEMANUSIAAN\r\nDALAM PENDIDIKAN RASULULLAH SAW\r\n(KAJIAN BERBASIS TAFSIR – HADIS) (Other)"^^ . . . . . . "NILAI-NILAI KEMANUSIAAN\r\nDALAM PENDIDIKAN RASULULLAH SAW\r\n(KAJIAN BERBASIS TAFSIR – HADIS) (Other)"^^ . . . . . . "NILAI-NILAI KEMANUSIAAN\r\nDALAM PENDIDIKAN RASULULLAH SAW\r\n(KAJIAN BERBASIS TAFSIR – HADIS) (Other)"^^ . . . . . . "NILAI-NILAI KEMANUSIAAN\r\nDALAM PENDIDIKAN RASULULLAH SAW\r\n(KAJIAN BERBASIS TAFSIR – HADIS) (Other)"^^ . . . . . . "NILAI-NILAI KEMANUSIAAN\r\nDALAM PENDIDIKAN RASULULLAH SAW\r\n(KAJIAN BERBASIS TAFSIR – HADIS) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "NILAI-NILAI KEMANUSIAAN\r\nDALAM PENDIDIKAN RASULULLAH SAW\r\n(KAJIAN BERBASIS TAFSIR – HADIS) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "NILAI-NILAI KEMANUSIAAN\r\nDALAM PENDIDIKAN RASULULLAH SAW\r\n(KAJIAN BERBASIS TAFSIR – HADIS) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "NILAI-NILAI KEMANUSIAAN\r\nDALAM PENDIDIKAN RASULULLAH SAW\r\n(KAJIAN BERBASIS TAFSIR – HADIS) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #23803 \n\nNILAI-NILAI KEMANUSIAAN \nDALAM PENDIDIKAN RASULULLAH SAW \n(KAJIAN BERBASIS TAFSIR – HADIS)\n\n" . "text/html" . . . "Studi Islam" . .