eprintid: 23817 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 6 dir: disk0/00/02/38/17 datestamp: 2017-02-02 02:39:58 lastmod: 2017-02-02 02:39:58 status_changed: 2017-02-02 02:39:58 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Siti Nurhalima, NIM. 1420411045 title: METODE PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA SISWA TUNANETRA DI MTS YAKETUNIS YOGYAKARTA2016 ispublished: pub subjects: B divisions: pps_pai full_text_status: restricted keywords: Bahasa Arab, Yaketunis note: Drs. H. Rajasa Mu’tasyim,M.Si abstract: Siti Nurhalima: Metode Pembelajaran Bahasa Arab Pada Siswa Tunanetra di MTs Yaketunis Yogyakarta, Tesis Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Islam. Konsentrasi Pendidikan Bahasa Arab. Pasca Sarjana Universitas Islam Negri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research), yaitu penelitian yang dilakukan secara langsung di lapangan untuk memperoleh data yang diperlukan. Penelitan yang digunakan adalah pendekatan pedagogis, yaitu pendekatan yang dilakukan dari sudut pandang ilmu pendidikan dengan analisis deskriptif. Dan untuk data sifatnya kualitatif, penulis menggunakan metode induktif yaitu suatu proses berfikir untuk memperoleh kesimpulan dari data khusus menuju kesimpulan umum, sehingga peneliti dapat mengolah dan menganalisis data-data yang ditemukan untuk mengetahui bagaimana me modifikasi metode pembelajaran bahasa Arab yang dilakukan oleh guru, respon siswa terhadap modifikasi metode yang digunakan oleh guru, dan problemproblem yang terdapat dalam modifikasi metode pembelajaran bahasa Arab tersebut. Hasil penelitian menunjukan: 1). Metode Pembelajaran yang digunakan Pada Siswa Tunanetra di MTs Yaketunis Yogyakarta yaitu metode ceramah, metode tanya jawab, metode diskusi, metode drill, metode dikte/ imla’, metode membaca, metode gramatika, metode audiolingual. 2) Adapun pelaksanaan metode pembelajaran bahasa Arab melalui beberapa langkah yaitu, pertama, kurikulum, dimana kurikulum ini meliputi tujuan pembelajaran bahasa Arab, sumber pelajaran bahasa Arab, materi pembelajaran bahasa Arab, media pembelajaran bahasa Arab, media pembelajaran bahasa Arab, evaluasi pembelajaran bahasa Arab, kedua, sistem pembelajaran bahasa Arab, dan ketiga, kegiatan belajar mengajar disinilah implementasi metode pembelajaran bahasa Arab diterapkan melalui maharah-,aharah bahasa Arab sepertim Istima’, Kalam, Kitabah, dan Qiro’ah. 3) Problem-problem metode yang terjadi pada pembelajaran bahasa Arab yaitu: problem linguistik, problem metodologis, problem non linguistik. date: 2016-08-25 date_type: published pages: 151 institution: UIN Sunan Kalijaga department: Pascasarjana thesis_type: masters thesis_name: other citation: Siti Nurhalima, NIM. 1420411045 (2016) METODE PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA SISWA TUNANETRA DI MTS YAKETUNIS YOGYAKARTA2016. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23817/1/1420411045_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23817/2/1420411045_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf