TY - THES N1 - Dr. Sukiman, M.Pd. ID - digilib23838 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23838/ A1 - ACHMAD PURTAMA ANDANA, NIM : 1420411080 Y1 - 2016/08/24/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh komunikasi interpersonal terhadap kinerja guru di SMA Muhammadiyah se Kabupaten Banyumas; (2) pengaruh motivasi terhadap kinerja guru di SMA Muhammadiyah se Kabupaten Banyumas; (3) pengaruh disiplin terhadap kinerja guru di SMA Muhammadiyah se Kabupaten Banyumas; (4) pengaruh komunikasi interpersonal, motivasi dan disiplin terhadap kinerja guru di SMA Muhammadiyah se Kabupaten Banyumas. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah guru-guru SMA Muhammadiyah yang berada di bawah naungan Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Banyumas. Penelitian ini merupakan penelitian populasi dimana respondennya adalah seluruh guru-guru SMA Muhammadiyah se Kabupaten Banyumas yang berjumlah 97 orang. Uji instrument dilakukan dengan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik regresi linier dan berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Komunikasi interpersonal berpengaruh terhadap kinerja guru di SMA Muhammadiyah se Kabupaten Banyumas dibuktikan dengan koefisien regresi sebesar 0,517 dan signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,000<0,05) serta sumbangan efektif sebesar 17,4%. (2) Motivasi berpengaruh terhadap kinerja guru di SMA Muhammadiyah se Kabupaten Banyumas dibuktikan dengan koefisien regresi sebesar 0,360 dan signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,000<0,05) serta sumbangan efektif sebesar 21,8%. (3) Disiplin berpengaruh terhadap kinerja guru di SMA Muhammadiyah se Kabupaten Banyumas dibuktikan dengan koefisien regresi sebesar 0,278 dan signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,007<0,05) serta sumbangan efektif sebesar 7,3%. (4) Komunikasi interpersonal, motivasi dan disiplin secara bersama-sama berpengaruh terhadap kinerja guru di SMA Muhammadiyah se Kabupaten Banyumas dibuktikan dengan nilai F hitung lebih besar dari F tabel (10,874>2,70) dan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,000<0,05) serta sumbangan efektif sebesar 26%. Kata Kunci: Kinerja Guru, Komunikasi Interpersonal, Motivasi, Disiplin PB - UIN Sunan Kalijaga KW - Kinerja Guru KW - Komunikasi Interpersonal KW - Motivasi KW - Disiplin M1 - masters TI - PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL, MOTIVASI, DAN DISIPLIN TERHADAP KINERJA GURU DI SMA MUHAMMADIYAH SE KABUPATEN BANYUMAS AV - restricted EP - 219 ER -